- sponsor -

Coinbase Crypto Moody, yakni layanan investor yang telah mengawali memprakarsai peringkat penerbit utang Coinbase Global Inc. pada tingkat non investasi, atau masih level paling rendah, dinilai bahwa pertukaran dengan mata uang crypto ini belum pasti.

Profil keuangan Coinbase menunjukkan bahwa kekuatan kredit kripto layak untuk investasi, tetapi untuk saat ini lingkungan peraturan yang tidak pasti dan persaingan ketat turut mengimbangi kekuatannya.

Lembaga pemeringkat kredit menilai Coinbase COIN, +1,67% pada Ba2 yang stabil, itu menandakan bahwa peringkat non-investasi, atau peringkat spekulatif, setara dengan BB di S&P Global Ratings dan Fitch Ratings.

Peringkat penerbit utang untuk Coinbase mengikuti pengumuman pertukaran cryptocurrency tentang penjualan obligasi senilai $ 1,5 miliar. Perusahaan sepertinya akan menggunakannya untuk tujuan umum, seperti investasi pengembangan produk atau akuisisi dan teknologi.

Coinbase Crypto Masih Belum Stabil Digunakan

Korancrypto - Coinbase Crypto Masih Belum Stabil Digunakan

Penawaran utang swasta akan memperlihatkan catatan tersebut, itu akan jatuh tempo pada tahun 2028 dan 2031. Analis Moody’s mengatakan bahwa Coinbase rentan terhadap fluktuasi perubahan harga kripto.

Terhadap bitcoin BTCUSD sebesar +0,27%, Ether ETHUSD, +1,46% pada blockchain Ethereum dan aset meme seperti dogecoin DOGEUSD, +0,17%. Tetapi tercatat bahwa pangsa pasarnya yang kuat dapat membantu untuk mengimbangi mereka dalam jangka pendek.

Perusahaan pembuat peringkat kredit juga mencatat bahwa Coinbase bertujuan untuk memperluas aliran pendapatannya ke area lain. Secara khusus bidang yang tidak rentan terhadap keanehan pasar crypto bergejolak dan suasana basis investornya.

Jadi alih-alih membebankan jumlah dolar tetap per perdagangan, keberadaan Coinbase menghasilkan persentase dari nilai perdagangan yang dicocokkan pada platformnya, itu sesuai dengan pernyataan Moody sendiri.

Kondisi pasar atas saat ini bisa sangat menguntungkan. Namun, ketika harga turun, jumlah perdagangan nasional dan pendapatan transaksi perusahaan juga akan menurun kecuali volume penggunaan meningkat.

Maka untuk mengatasi ketergantungan pada pendapatan transaksi ini, Coinbase mendiversifikasi daftar produk yang dapat diperdagangkan dan memperluas pendapatan berbasis langganan, tetapi itu butuh waktu supaya mendatangkan efek material kedepannya.

Memang, salah satu produk tersebut telah mendapat penolakan dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS. Coinbase sebelumnya telah mencoba untuk meluncurkan platform pinjaman yang memungkinkan pelanggan memegang stablecoin.

Dengan percobaan menggunakan USD Coin untuk mendapatkan bunga dengan meminjamkannya ke pedagang lain, Coinbase yang berencana agar menjual koin pinjaman kepada pedagang, akhirnya memperluas program dan menambah mata uang kripto lainnya.

Namun, SEC (Securities and Exchange Commission) menagih supaya program semacam itu juga mengamankan kripto. Akibatnya coinbase itu perlu didaftarkan ke SEC dan dijual melalui broker/dealer terdaftar.

Ketidakpastian Peraturan Masih Menghalangi

Ketidakpastian Peraturan Masih Menghalangi | Korancrypto

Belum ditetapkannya aturan baku dalam pemakaian coinbase menimbulkan risiko besar bagi bisnisnya. Terlebih mengingat kebaruan aset kripto, banyak pertanyaan yang masih belum terjawab terkait dengan kerangka peraturan masa depan.

Dari sejumlah besar token, blockchain, dan produk serta layanan yang merupakan bagian dari keuangan terdesentralisasi, itu masih belum diatur dengan baik. Ahli analis juga menambahkan bahwa aset tersebut resikonya masih tinggi.

Saham Coinbase masih mengalami kenaikan 0,8% hari Selasa tengah hari, namun terjadi penurunan 1,5% selama pasar minggu ini. Sebagai perbandingan, pasar tradisional bernasib sedikit lebih baik, karena pasar sepekan masih naik 0,2%.

Pada hari Senin, Moody’s memberikan peringkat Ba1 untuk penawaran yang diusulkan Coinbase sebesar $ 1,5 miliar dalam surat jaminannya. Menurut perusahaan ini, ada tiga faktor yang dapat menyebabkan peningkatan peringkat Coinbase.

Secara keseluruhan coinbase akan dipengaruhi oleh peningkatan kejelasan peraturan. Ekspansi besar-besaran dari penawaran produk dan layanan yang meningkatkan pendapatan, dan terakhir manajemen biaya bijaksana selama periode bera di pasar crypto.

- sponsor -