- sponsor -

Cryptocurrency atau yang biasa dikenal dengan crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara membuat akun crypto. Disisi lain mata uang kripto merupakan alat yang digunakan untuk bertransaksi.

Mata uang crypto mulai populer tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Pada bulan Februari 2020, terdapat 10 negara yang masyarakatnya memiliki uang kripto dalam jumlah banyak. Salah satu tertinggi yang memiliki mata uang terbayak adalah Nigeria kemudian diikuti Vietnam dan Filipina.

Cara Membuat Akun Crypto dan Transaksi

Korancrypto - Cara Membuat Akun Crypto dan Transaksi

Bagi Anda sebagai seorang pemula yang ini membeli kripto dan belajar berinvestasi dengan kripto, dibawah ini beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Membuka rekening pada perusahaan penjual aset kripto yang telah berizin.
  2. Langkah berikutnya adalah perusahaan yang sudah Anda pilih akan melakukan proses verifikasi. Kemudian Anda harus melakukan upload dokumen identitas yang dibutuhkan.
  3. Cara membuat akun crypto selanjutnya adalah tahap Customer Due Dilligence atau CDD. Pada tahap ini adalah penyedia layanan yang disediakan oleh perusahaan mengenai bagaimana cara Anda melakukan sebuah transaksi nantinya.
  4. Jika lulus pada tahap sebelumnya, Anda akan muali menjadi calon investor di perusahaan yang dipilih. Kemudian nantinya Anda akan dibuatkan sebuah akun dimana bisa digunakan untuk bertransaksi.
  5. Saat mulai transaksi, Anda harus setor dana ke rekening terpisah dengan perusahaan aset fisik kripto. Persentase pembagiannya 70% disimpan oleh lembaga kliring dan 30% di perusahaan fisik aset kripto.
  6. Seluruh transaksi yang nantinya akan Anda lakukan harus menggunakan rupiah sebagai salah satu syaratnya.
  7. Kripto yang sudah Anda dimiliki akan disimpan oleh perusahaan dan hal ini memiliki bersifat hot wallet dan cold wallter.
  8. Mekanisme transaksi yang digunakan, lembaga kliring akan melakukan verifikasi dalam pengelolaan mata uang.
  9. Perusahaan kripto, lembaga kliring, dan pengelola tempat penyimpanan akan melaporkan transaksi kepada Bappebti dan bursa berjangka secara berkala.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencoba berinvestasi menggunakan crypto. Crypto sendiri memiliki nilau jual yang bisa dikatakan lebih tinggi daripada mata uang lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat akun crypto dengan benar.

- sponsor -