Thursday, May 13, 2021
Home Blog

Prediksi Kenaikan Harga Aset Kripto Bitcoin Diperbincangkan

0
Harga Aset Kripto Bitcoin Diperbincangkan Mengalami Kenaikan
Harga Aset Kripto Bitcoin Diperbincangkan Mengalami Kenaikan

Harga aset kripto kian lama terus mengalami kenaikan. Tidak hanya satu jenis saja, beberapa jenis aset kripto mengalami kenaikan sehingga menjadi daya tarik bagi para investor untuk beralih ke kripto.

Termasuk yang menduduki peringkat pertama aset kripto paling banyak peminatnya yaitu bitcoin. Meskipun beberapa waktu terakhir ini bitcoin sulit menembus angka US$60.000 per unitnya, tetapi prediksi kenaikannya tetap dipercaya.

Menurut Mark Yusko dan Morgan Creek Capital Management memberikan prediksi bahwa harga bitcoin bisa mengalami kenaikan lebih tinggi lagi. Mark Yusko bahkan memperkirakan harganya bisa menembus US$250.000.

Harga ini sebanding dengan 3,55 miliar rupiah setiap koinnya pada lima tahun mendatang. Menurutnya, ada satu kelebihan bitcoin yang sering diabaikan dan diremehkan oleh banyak investor kripto bitcoin.

Para investor dianggap terlalu terpaku pada nilai bitcoin saat ini. Mereka tidak mempertimbangkan adopsi perusahaan akan mata uang kripto bitcoin dan meningkatnya pengguna mata uang kripto.

Prediksi Kenaikan Harga Aset Kripto Bitcoin Diperbincangkan
Harga Aset Kripto Bitcoin

Kenaikan Harga Aset Kripto Bitcoin

Menurut Mark Yusko, kenaikan harga ini hanya tentang adopsi dari jaringan dan peningkatan pengguna. Bitcoin dianggap sebagai sebuah jaringan yang bisa tumbuh secara eksponensial, menjadi pertumbuhan jaringan tercepat dalam sejarah.

Mark juga menyebutkan bahwa target harga bitcoin sebesar US$250.000 didasarkan pada harga emas. Menurutnya, jika nilai moneter emas sebesar US$4 triliun maka harga emas digital akan setara dengan itu.

Mark juga menerangkan apa yang dilewatkan banyak investor merupakan evolusi teknologi dari kekuatan komputasi yang tidak akan pernah hilang. Ia menyebutkan jaringan kuat ini menjadi protocol dasar agar internet bernilai.

Bitcoin menjadi standar emas di dunia aset kripto. Hal ini bisa dilihat dari imbal hasil selama 2021 yang mencapai 103,97 persen. Jumlah bitcoin sudah beredar dibatasi hanya 21 juta keping.

Hal ini juga disampaikan oleh Morgan Creek Capital Management. Ini menjadi perusahaan penasihat investasi yang melakukan penjualan jasa pada berbagai perusahaan orang kaya raya di dunia.

Prediksi Kenaikan Harga Aset Kripto Bitcoin Diperbincangkan
Pajak penjualan bitcoin

Pajak Penjualan Bitcoin

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat ini sedang mempelajari terkait mata uang kripto agar bisa dikenakan pajak. Tentunya hal ini juga akan berlaku untuk mata uang kripto terpopuler yaitu bitcoin.

Saat ini, otoritas pajak masih merundingkan terkait bisnis model uang digital. Dirjen Pajak Suryo Utomo dalam konferensi pers di Kantor Pusat DJP mengaku sedang melakukan pendalaman tentang cryptocurrency.

Menurut Suryo Utomo, uang kripto menjadi barang baru yang perlu dilakukan pendalaman dari sisi pajaknya. Uang kripto dianggap sama seperti investasi lainnya, yang ada titik menjual dan membelinya.

Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan yakni sisi PPh dan PPN. Akan tetapi, masih jadi pertanyaan apakah kripto ini termasuk barang atau jasa dan menjadi pengganti uang atau bukan.

Para investor bitcoin pastinya mendapatkan banyak keuntungan dari proses transaksinya. Misalkan, membeli bitcoin sebesar 1 juta rupiah dan bisa menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi mencapai 3 juta rupiah.

Artinya, aka nada keuntungan sebesar 2 juta rupiah yang akan diperoleh. Nantinya, direncanakan akan dilihat pemajakan bisa dilakukan dengan pemotongan secara langsung atau melalui pungutan.

Suryo juga menambahkan bahwa timnya saat ini sedang benar-benar mendalaminya. Jadi, sedang dipertimbangkan bahwa pemajakannya dilakukan sama seperti penerimaan penghasilan lainnya. Hal ini tentunya akan menjadi hal yang sangat dipertimbangkan.

Adanya perkembangan kenaikan harga mata uang kripto membuatnya semakin populer. Bitcoin sebagai aset kripto terpopuler menjadi penghasil keuntungan terbesar, sehingga direncanakan akan dikenakan pajak oleh pihak DJP.

- sponsor -

Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya

0
Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya
Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya

Ethereum Berjaya dan Kemajuan peminat mata uang kripto untuk berinvestasi setahun belakangan ini terus bertambah. Jumlah penggemarnya juga tidak main-main karena kenaikan harga kripto yang menjadi pusat perhatian.

Investasi kripto bahkan sudah menjadi alternatif bagi kebanyakan generasi milenial untuk dijadikan aset. Setelah bitcoin tidak memberikan hasil maksimal, kini Ethereum menjadi pilihan para investor kripto.

Kenaikan ini didukung oleh lonjakan keuangan terdesentralisasi (DeFi) beserta antisipasi penyesuaian teknis pada musim panas di tahun ini. Meskipun demikian, Ethereum juga memiliki tantangan dalam kenaikan harganya.

Lonjakan dalam setahunnya mencapai angka lebih dari 350 persen. Aset kripto Ethereum memiliki kapitalisasi pasar dengan peringkat kedua, satu tingkat di bawah mata uang kripto bitcoin.

Meskipun demikian, tidak sebanyak Cache dan memungkinkan memiliki lebih banyak tantangan operasional. Hal ini digunakan untuk mencegah dalam mengalahkan saingan utama dalam kenaikan harganya secara konsisten.

Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya
Ethereum Berjaya

Rekor Kenaikan Ethereum

Mata uang kripto Ethereum tidak ada hentinya mencetak rekor tertinggi sepanjang masa. Perdagangan di awal minggu ini bahkan menembus angka US$4.172,10 per koinnya atau setara dengan 59,25 juta rupiah.

Data menurut CoinDesk juga menerangkan saat ini kapitalisasi pasar dari Ethereum mencapai harga US$466,38 miliar. Jika dihitung sejak awal tahun sudah memberikan imbal hasil mencapai 452,27 persen.

Sedangkan, jumlah koin yang sudah tersebar sebanyak 115,81 juta koin. Kenaikan harga ini diduga dipengaruhi oleh munculnya euforia keuangan terdesentralisasi (DeFi) serta adanya antisipasi musim panas tahun ini.

Meskipun demikian, Ethereum juga memiliki tantangan dalam proses kenaikan harganya. Untuk kenyamanan penggunanya, Ethereum memperbarui versinya ke Ethereum 2.0 guna mengatasi masalah jaringan selama ini.

Oscar Darmawan, CEO Indodax ikut berkomentar dalam proses upgrade Ethereum. Upgrade ini sudah memberikan informasi terkait peta jalan proof of staking. Di dalamnya termasuk fitur sharding yang telah lama dinanti.

Sharding ini dianggap akan memperluas kapasitas Ethereum dalam memproses transaksi. Tentunya cara yang dilakukan ialah dengan membagi databasenya menjadi 64 blockchain mini yang baru sehingga kemacetan jaringan teratasi.

Kenaikan harga Ethereum juga dikarenakan banyaknya sistem pelelangan non fungible token (NFT). Hal ini akan lebih memudahkan pekerja seperti animator, fotografer hingga pencipta teknologi seperti para developer.

Direncanakan juga akan terjadi upgrade EIP-1559 pada pertengahan tahun ini. Proses upgrade ini juga bisa menjadi potensi besar dalam peningkatan harga Ethereum di masa mendatang.

Ethereum Berjaya Lagi, Ini Beberapa Pemicunya
Ini Pemicunya – website Defi

Pemicu Ethereum berjaya Jadi Idola Baru

Tokoh-tokoh yang mendukung adanya situs DeFi memberikan cerminan masa depan layanan keuangan. Selain itu, juga akan memberikan cara yang lebih murah dan lebih efisien sehingga bisa diakses banyak orang.

Salah satu keterhambatan kenaikan harga Ethereum ialah ketidakmampuan blockchain dalam memenuhi permintaan tanpa mengharuskan mengeluarkan biaya transaksi dalam jumlah yang besar. Selain itu, agar eksekusi transaksi tidak lambat lagi.

Presiden AVA Labs, John Wu menyebutkan platform open-source untuk aplikasi keuangan. Menurutnya, Ethereum menunjukkan migrasi Ethereum 2.0 sudah dikerjakan bahkan dalam kurun waktu bertahun-tahun untuk memaksimalkan hasilnya.

Tidak hanya itu, Ethereum juga menghadapi persaingan ketat dengan berbagai platform lainnya. Beberapa diantaranya seperti Avalanche AVA Labs dan Binance Smart Chain yang kompatibel dengan aplikasi Ethereum.

Perbaikan EIP-1559 juga dilakukan bertujuan mengurangi volatilitas biaya Ethereum. Tentunya dilakukan dengan memperkenalkan mekanisme yang digunakan untuk menghilangkan sebagian biaya transaksi. Hal ini bisa memperlambat penerbitan token.

Perkembangan aset kripto yang dijadikan investasi baru oleh para investor memicu kenaikan harganya. Termasuk yang sedang naik daun ialah Ethereum dengan kenaikan harga pada beberapa minggu terakhir.

- sponsor -

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin

0
Kripto Dogecoin dan Kripto Bitcoin, Investor Pemula Perlu Memahami
Kripto Dogecoin dan Kripto Bitcoin, Investor Pemula Perlu Memahami

Setiap harinya, penjualan aset kripto mengalami kenaikan harga yang bervariasi di setiap jenisnya. Hal ini tentunya terjadi di berbagai jenis mata uang kripto, termasuk dua terpopuler yakni Kripto bitcoin dan Kripto dogecoin.

Beberapa hari terakhir terjadi kenaikan harga pada mata uang kripto jenis dogecoin. Tentunya hal ini membuat para investor baru bermunculan dan tertarik untuk melakukan investasi pada aset kripto.

Menurut data dari CNBC Internasional, dogecoin menjadi salah satu kripto yang paling diburu saat ini. Dalam enam bulan terakhir, kenaikan harganya mencapai 25.000 persen, lebih tinggi dibandingkan bitcoin.

Nama besar dogecoin didongkrak oleh Elon Musk yang sering membicarakan tentang mata uang ini. Pada bulan lalu, dogecoin melebihi kenaikan bitcoin dengan menyentuh harga US$63.000.

Kenaikan mata uang kripto ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga para investor baru perlu memahaminya sebelum berinvestasi. Selain itu, terdapat juga beberapa perbedaan dogecoin dan bitcoin.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin
Kripto Dogecoin

 

Berinvestasi Kripto Dogecoin

 

Ketika Anda ingin berinvestasi dogecoin, maka perlu memahami beberapa hal sehingga tidak salah paham. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah spekulasi kenaikan harga dogecoin yang memicu economic bubble.

Hal ini sejalan dengan yang dituliskan CNBC Internasional tentang spekulasi kenaikan dogecoin yang memicu gelembung. Beberapa ahli juga memberikan pendapat terkait kenaikan harga dogecoin dalam setahun terakhir.

Dalam kurun waktu setahun ini, menurut para ahli dogecoin belum menjadi produk yang lebih berharga. Hal ini dikarenakan tidak bisa mencegah orang untuk memanfaatkan situasi dalam memperoleh keuntungan.

Salah satu profesor ekonomi di Rutgers School of Arts and Science bernama Bruce Mizrach memberikan pendapat bahwa orang membeli aset dogecoin karena mereka menganggap akan mengalami kenaikan harga lebih tinggi.

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan yakni rasa takut kehilangan atau “fear of missing out”. Rasa takut kehilangan ini sering menjadi boomerang bagi para investor dogecoin di berbagai dunia.
Ketiga, Anda tidak akan mengetahui seberapa nilai sebenarnya dari harga aset dogecoin. Tentunya mencoba memahami penilaian secara fundamental aset digital lebih sulit dan tidak bisa disamakan dengan saham.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin
Kripto Bitcoin dan Kripto Dogecoin

Berinvestasi aset kripto menjadi hal yang sangat baru sehingga ada juga kebingungan tentang cara membeli dan menjualnya. Termasuk pula kebingungan dalam menjaga token agar tetap aman dari kerugian.

Investor Pemula Perlu Pahami tentang Bitcoin dan Dogecoin

Dogecoin dan bitcoin menjadi dua jenis aset kripto yang paling digemari. Menurut CNBC Internasional, bitcoin dan dogecoin memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya menjadi aset berharga.

Perbedaan pertama terlihat dari banyaknya pasokan koin digital. Dogecoin lebih unggul karena tidak dibatasi jumlah koin yang ditambang, sedangkan bitcoin yang bisa ditambang sebanyak 21 juta koin sehingga menyebabkan kelangkaan.

Bitcoin muncul pertama kali dari diluncurkannya buku putih yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 lalu. Penulis ini berniat untuk menjadikan bitcoin sebagai mata uang digital yang terdesentralisasi.

Sedangkan, dogecoin tercipta akibat lelucon dari seorang Insinyur Software Billy Markus dan Jackson Palmer pada tahun 2013. Lelucon tersebut berupa meme “doge” yang menggambarkan anjing shiba inu.

Hal ini membuat dogecoin kalah dalam hal pengembangan teknis sehingga tidak seaman bitcoin. Walaupun pengguna dogecoin terus meledak setelah Elon Musk dan Mark Cuban sering membicarakannya.

Perbedaan lainnya ialah bitcoin memiliki ekosistem yang lebih baik. Mike Novogratz, CEO Galaxy Digital menyatakan bitcoin tercipta dari pikiran matang dengan distribusi baik selama 12 tahun.

Tentunya dengan hal ini membuat bitcoin dan dogecoin terus digemari karena kelebihannya masing-masing. Terutama soal kenaikan harga keduanya termasuk yang konsisten sehingga jarang merugikan para investor.

- sponsor -

Elon Musk dan Changpeng Zhao Bicara Soal Mata Uang Kripto

0
Elon Musk dan Changpeng Zhao Bicara Soal Mata Uang Kripto
Elon Musk dan Changpeng Zhao Bicara Soal Mata Uang Kripto

Perkembangan mata uang kripto dalam dunia investasi dunia sering mengalami naik dan turun dari segi harganya. Hal ini membuat beberapa tokoh ikut berpendapat terkait mata uang kripto ini.

Salah satu tokoh penting yang sering berbicara soal kripto ialah Elon Musk. Musk merupakan orang terkaya saat ini yang sangat mendukung proses investasi aset mata uang kripto.

CEO dan Teknoking dari Tesla ini sering menyampaikan pendapat dan dukungannya melalui cuitan twitter pribadinya. Salah satu yang terbaru ia memberikan saran kepada warganet dan followersnya agar berinvestasi dengan hati-hati.

Selain itu, CEO dari Binance bernama Changpeng Zhao juga ikut memberikan pendapat terkait investasi kripto. Ia menyatakan bahwa uang digital keluaran bank sentral akan berbeda dengan mata uang kripto.

Zhao mengungkapkan bahwa uang digital yang akan dikeluarkan itu tidak akan memberikan layanan dan tawaran kebebasan pengguna. Selain itu, tidak akan adanya batasan pasokan juga.

Elon Musk dan Changpeng Zhao Bicara Soal Mata Uang Kripto
Elon Musk

Elon Musk Peringatkan Investor Kripto

Dikutip dari CNBC Indonesia terkait postingan pribadinya di twitter yang menyebutkan bahwa cryptocurrency menjanjikan, tetapi harap berinvestasi dengan hati-hati. Tentunya tidak hanya memberikan pendapat saja.

Elon Musk melengkapi cuitannya dengan menautkan video YouTube wawancaranya dari TMZ pada beberapa waktu ini. Video berdurasi 2 menit itu memperlihatkan Musk menjawab pertanyaan terkait cryptocurrency dan dogecoin.

Dalam video tersebut, Musk juga mengingatkan para investor agar tidak sepenuhnya menginvestasikan tabungannya untuk cryptocurrency. Hal ini dianggapnya tidak bijaksana jika dilakukan jika seluruhnya diinvestasikan kripto.

Musk juga mengungkapkan bahwa ia ingin sedikit berspekulasi dan mungkin bersenang-senang. Musk juga menyatakan ada peluang bagus cryptocurrency menjadi mata uang dunia di waktu kemudian.

Ia juga menyebutkan mana yang akan menjadi mata uang dunia nantinya dan menurutnya bisa beberapa jenis kripto. Tentunya hal ini diimbangi dengan pertimbangan sebagai spekulasi dan disarankan tidak melangkah jauh.

Ia juga sedikit menyebutkan tentang dogecoin yang sedang digemarinya, mata uang yang tercipta dari sebuah candaan saja. Mata uang yang awalnya hanyalah candaan ternyata menjadi mata uang nyata.

Elon Musk dan Changpeng Zhao Bicara Soal Mata Uang Kripto
Changpeng Zhao

Pendapat Changpeng Zhao Soal Uang Digital dan Mata Uang Kripto

Dalam pendapatnya yang dikutip dari Fortune, CEO Binance ini menyebutkan bahwa sebagian besar mata uang digital bank sentral memiliki banyak kendali. Tentunya ini berbeda dengan mata uang kripto.

Zhao juga menyebutkan jika membuat versi bank sentral, maka ketertarikan orang untuk berinvestasi uang kripto bisa saja menurun. Misalkan, bank sentral yang mengeluarkan mata uang China dengan Yuan Digital.

Ia juga menyebutkan jika koin digital yang dikeluarkan oleh China bisa jadi akan hidup berdampingan untuk sementara dengan Cryptocurrency. Tidak hanya itu, Zhao juga membicarakan soal kenaikan bitcoin dan ether.

Di mana, kedua mata uang ini menjadi terkuat di tahun ini, misalkan ether mencapai angka US$3.339 pada Senin kemarin. Ether yang digunakan untuk membeli aset nonfungible token mendorong kenaikan harganya.

Ia juga menjelaskan contoh kasus ini yang sedang bergerak sekarang dan banyak orang yang sedang membutuhkan koin lain untuk bertransaksi. Ethereum menjadi salah satu contoh jelas sehingga mengalami kenaikan harga.

Zhao juga sedikit menyentuh tentang isu listing perusahaannya. Ia menyatakan tidak akan mengikuti Coinbase Global Inc yang mencatatkan sahamnya di Nasdaq pada bulan lalu karena binance telah menghasilkan sendiri.

Perkembangan kripto di dunia investasi membuat para tokoh terkenal ikut mempopulerkannya. Seperti Elon Musk yang sangat menyukai digecoin dan Changpeng Zhao selaku CEO dari binance.

- sponsor -

Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini, Termasuk Dogecoin

0
Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini, Termasuk Dogecoin
Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini, Termasuk Dogecoin

Kehadiran cryptocurrency dalam dunia investasi dunia saat ini sedang menarik minat masyarakat. Kenaikan harga daftar kripto yang terjadi pada beberapa tahun terakhir membuat para investor dan trader mendapatkan keuntungan besar.

Hal ini juga didukung salah satunya oleh laman Coinmarketcap yang memberikan laporan transaksi kripto setiap harinya. Tentunya proses transaksi aset ini berdasarkan market cap dan kapitalisasi pasar.

Di hari kemarin, bitcoin masih tetap menjadi idola para investor sehingga berhasil menduduki posisi pertama. Posisi ini diraih dengan capaian nilai sebesar US$57.182,19 atau setara dengan 819 jutaan rupiah.

Angka ini tentunya sudah memperbaiki keburukan pasar pada hari sebelumnya. Sudah terjadi kenaikan hingga 4,40 persen dengan waktu yang dibutuhkan tidak lama, yakni hanya dalam waktu 24 jam saja.

Tidak hanya dalam hitungan harian, bitcoin juga memberikan peningkatan dalam seminggu hingga mencapai 6,04 persen. Tidak hanya itu, bitcoin juga tercatat baik dalam market cap dengan nilai US$1,072 triliun.

Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini, Termasuk Dogecoin
Dogecoin melesat

Dogecoin Terus Naik Daun

Doge menjadi salah satu mata uang kripto yang memiliki pergerakan cukup menarik. Dimana, kripto ini merupakan hasil lelucon belaka atau sering disebut ‘meme’ asal Jepang ‘Shiba Inu’ yaitu dogecoin.

Tentunya kepopuleran dogecoin dalam daftar pasar mata uang kripto didukung oleh tokoh-tokoh terkenal dunia. Sebut saja pendiri Tesla, Elon Musk, rapper Snoop Dogg dan bassist Kiss Gene Simmons.

Dogecoin sebagai aset digital yang mirip dengan bitcoin ini mengalami kenaikan hingga 40 persen pada Rabu kemarin. Kenaikan ini menuju level US$0,697 yang setara dengan 10.946 rupiah sesuai data Indodax.

Dilihat dari awal tahun ini, maka harga dogecoin melonjak sudah lebih dari 14.000 persen. Bahkan, kapitalisasi pasarnya sudah mencapai angka US$84 miliar yang setara dengan output ekonomi tahunan Sri Lanka.

Pelonjakan dogecoin ini terjadi di tengah Elon Musk yang akan mengadakan program Saturday Night Live. Musk yang disebut sebagai dogefather juga tidak perlu diragukan lagi terkait sketsa cryptocurrency.

Kenaikan harga dogecoin juga terjadi setelah populernya mata uang bitcoin yang mengangkat nilai mata uang digital. Hal ini sejalan ketika pasar saham dunia yang melonjak akibat keterpurukan ekonomi.

Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini, Termasuk Dogecoin
Daftar Kripto Terfavorit Saat Ini

Daftar Kripto Lainnya yang Memuncak

Selain bitcoin dan dogecoin yang menduduki puncak atas perdagangan kripto di dunia, beberapa mata uang lainnya juga ikut bersaing. Beberapa diantaranya seperti ethereum, binance coin dan XRP.

Ethereum berhasil mencapai market cap pada angka US$401,8 miliar. Di mana, nilai setiap ether sebesar US$3.454,27 atau setara dengan 49,5 jutaan rupiah. Tentunya angka ini mengalami kenaikan signifikan.

Ether berhasil mengalami kenaikan hingga 5,27 persen dalam kurun waktu hanya 24 jam. Tidak hanya itu, dalam kurun waktu 7 hari juga mengalami kenaikan cukup signifikan sebesar 29,03 persen.

Mata uang kripto lainnya yang sedang memuncak ialah binance coin atau sering disingkat BNB. Binance coin berhasil mencapai angka market cap sebesar US$99,01 miliar dengan harga satuannya US$641,43.

Harga satuannya setara dengan 9,1 jutaan rupiah. Harga yang terjadi pada BNB mengalami kenaikan sebesar 2,85 persen dalam 24 jam. Sedangkan, dalam waktu satu minggu mengalami kenaikan sebesar 14,28 persen.

Mata uang kripto terakhir yang masuk daftar ialah XRP. Kripto ini memiliki market cap sebesar US$77,68 miliar. Nilai ini mengalami kenaikan sebesar 19,60 persen dalam satu hari terakhir.

Penggunaan mata uang kripto digital memang sedang naik daun dan menjadi idola para investor dan trader. Peningkatan minat kepemilikan inilah menjadi salah satu faktor meningkatnya harga perdagangan kripto dunia.

- sponsor -

Harga Dogecoin To The Moon, Elon Musk Ikut Berperan

0
Harga Dogecoin To The Moon, Elon Musk Ikut Berperan
Harga Dogecoin To The Moon, Elon Musk Ikut Berperan

Mata uang kripto beberapa minggu terakhir mengalami penguatan di beberapa jenisnya. Beberapa tips bisa Anda gunakan ketika masuk dunia cryptocurrency, misalkan bitcoin dan harga dogecoin yang di mana ditujukan untuk orang kuat.

Hal ini juga disampaikan oleh R.A Farrokhnia seorang Profesor Columbia Business School sekaligus menjadi Direktur Eksekutif Columbia Fintech Intiative. Bagi para investor yang baru bergabung perlu memperhatikan beberapa hal.

Jika Anda adalah investor baru, maka sangat disarankan untuk melakukan pendekatan yang cermat dan disiplin. Termasuk juga jika Anda berminat untuk berinvestasi aset dogecoin yang belakangan ini sedang populer.

Elon Musk ikut berperan penting dalam mendongkrak kenaikan harga pasar dogecoin dalam jumlah besar.

Elon Musk memang sudah memiliki ketertarikan tersendiri pada dogecoin. Hal ini juga yang membuatnya sering disebut sebagai dogefather karena memberikan pengaruh besar dalam kenaikan harga dogecoin yang signifikan.

Harga Dogecoin To The Moon, Elon Musk Ikut Berperan
Harga Dogecoin To The Moon

Kenaikan Harga Dogecoin

Kenaikan harga mata uang kripto berlaku pada beberapa jenis seperti ether dan dogecoin. Pagi kemarin, kripto dengan besutan anjing Shiba Inu, Harga dogecoin berhasil meroket mencapai angka lebih dari 43 persen.

Tentunya peningkatan ini sangat tinggi setelah sehari sebelumnya mengalami penurunan mencapai 9 persen pada perdagangan pagi hari. Trader Andreotti menyebutkan bahwa Elon Musk mendongkrak kenaikan harga dogecoin.

Kenaikan terjadi pada pekan lalu mungkin membuat para investor kembali berpaling memilih investasi dogecoin. Hal inilah yang membuat harga terus meninggi di pagi hari kemarin dan diduga akan terus meningkat.

Dikutip dari Coindesk, Andreotti juga beropini bahwa para investor sangat optimis untuk penampilan Elon Musk. Perlu diketahui bahwa ia akan mengisi acara pada Saturday Night Live.

Sebaliknya, kenaikan dogecoin berbanding terbalik dengan bitcoin. Raja kripto ini mengalami penurunan hingga ke level US$53,633 sekitar waktu tengah malam di Indonesia dan belum menaik hingga saat ini.

Harga Dogecoin To The Moon, Elon Musk Ikut Berperan
Elon Musk Ikut Berperan

Elon Musk Dongkrak Kenaikan Dogecoin

Kenaikan harga dogecoin tentunya tidak lepas dari pendongkrak utamanya yaitu Elon Musk. Banyak ahli yang sepakat bahwa dogecoin tidak memiliki fundamental dibantahkan oleh Elon Musk.

Dukungan Elon Musk berhasil membawa doge mencapai titik puncak, para pecinta doge menyebutnya dengan ‘to the moon’. Sejak tahun 2020, Elon Musk memang memberikan vibrasi positif pada kenaikan harga dogecoin.

Pada tahun 2020 pula Elon Musk menyebutkan bahwa dogecoin menjadi crypto yang paling diidolakannya. Sejak pernyataan tersebut, membuat permintaan dogecoin terus meningkat dan mengalami kenaikan harga cukup konsisten.

Bahkan, beberapa kali Elon Musk memberikan cuitan melalui media twitter yang membuat harganya melonjak hingga 50 persen pada tahun 2021. Tidak jarang Musk juga membagikan meme tentang dirinya sebagai dogefather.

Cara Elon Musk memperkenalkan ke publik sangatlah unik sehingga banyak peminatnya yang mulai tertarik. Alasannya menyukai dogecoin karena menyukai anjing dan meme, hal ini pernah dipublikasikan di twitter.

Bahkan, dalam waktu setahun harga aset crypto doge meningkat tajam. Hal ini juga sejalan dengan yang disampaikan CEO Indodax, Oscar Darmawan menyebutkan hitungan kenaikan dogecoin dalam setahun mencapai 592 persen.

Terciptanya dogecoin juga awalnya hanyalah sebuah candaan dari komunitas kripto. Candaan tersebut berupa membuat crypto dengan ikon logo Anjing Shiba Inu yang saat ini menjadi komunitas crypto terbesar.

Perkembangan peminat mata uang kripto yang terus meningkat membuat harganya terus naik. Berbagai jenis kripto mulai naik, tidak tertinggal pula dogecoin sebagai salah satu yang dipublikasikan oleh Elon Musk.

- sponsor -

Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder

0
Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder

Beberapa mata uang kripto kini sedang naik daun hingga harganya melambung jauh. Tetapi, beberapa diantaranya seperti bitcoin, XRP dan Stellar kemarin mengalami koreksi, sedangkan Uang Ethereum dan doge terus naik.

Sesuai data dari Coindesk, harga bitcoin koreksi sebesar 4,1 persen menuju level US$55,796 atau setara dengan 803 juta rupiah. Tentunya koreksi dalam jumlah besar ini cukup mengejutkan para investor.

Bitcoin dalam 2 hari terakhir diperdagangkan hingga US$ 57,59 miliar kali dengan kapitalisasi pasar mencapai angka US$ 1,04 triliun. Sepekan terakhir harga mata uang kripto memang sedang mengalami kenaikan.

Harga bitcoin bahkan bergerak antara US$52,760-58,812. Sebelumnya, sejarah penjualan tertinggi bitcoin mencapai angka US$62,829. Sejak awal tahun ini, imbal hasil bitcoin tercatat di angka 91,98 persen.

Sedangkan, mata Uang ethereum mengalami pergerakan yang cukup signifikan. Ethereum memasuki level US$3.230 atau setara dengan 46,54 juta rupiah. Angka ini mendekati pencapaian tertinggi ethereum yaitu 49, 8 juta.

Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder
Ethereum Cetak Rekor Tertinggi

Uang Ethereum Meningkat Tajam

Sejak awal tahun ini, ethereum berhasil memberikan return atau imbal hasil mencapai 356,21 persen. Menurut data dari Coindesk, total koin ethereum sudah beredar mencapai 115,73 juta koin.

Jenis ethereum tentunya berbeda dengan bitcoin. Aset kripto yang satu ini lebih terfokus bertindak sebagai platform yang mengembangkan dan membangun aplikasi. Uang digital yang digunkan bernama ether.

Meningkatnya harga ethereum didukung oleh munculnya pemberitaan European Investment Bank yang berencana untuk menerbitkan obligasi digital pertama pada blockchain ethereum. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi peningkatan ethereum.

Ada juga Sergey Nazarov merupakan salah satu orang dari perusahaan kontrak pintar Chainlink yang memberikan tanggapan. Sergey menyebutkan ribuan pengembang sedang membangun aplikasi untuk produk keuangan tradisional.

Pembangunan ini direncanakan dengan cara terdesentralisasi di atas ethereum. Semakin banyaknya pengguna yang berdatangan juga membuat para pengembang memerlukan ether sebagai media untuk transaksi tersebut.
Sergey juga menambahkan terkait minat institusional yang meningkat. Beliau menyatakan bahwa adanya minat institusional dalam blockchain ethereum publik serta pihak yang berkepentingan melakukan explorasi melalui pemanfaatan jaringan publik.

Uang Ethereum Cetak Rekor Tertinggi, Penciptanya Jadi Miliarder
Vitalik Buterin jadi Miliarder

Pencipta Ethereum Jadi Miliarder

Kemajuan penjualan yang sangat signifikan berpengaruh pada pelopor blockchain ethereum. Pria bernama Vitalik Buterin saat ini menjadi miliarder kripto termuda di dunia setelah harga ethereum melambung.

Pria berusia 27 tahun tersebut mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga ethereum sejak Senin kemarin. Hari itu, harga ether mencapai US$3.000 atau sekitar 43,14 juta rupiah atau naik hingga 325 persen.

Buterin tercatat memiliki aset ether mencapai 33,520 ETH yang menyentuh harga US$1,09 miliar atau setara dengan 15,67 triliun rupiah. Saat itu, harga ether mencapai US$3,278.

Data dari Forbes juga menunjukkan bahwa kapitalisasi ethereum sudah mencapai US$376 miliar, menduduki posisi kedua setelah bitcoin yang mencapai US$1,08 triliun. Tentunya angka ini sangat memberikan keuntungan para investor ether.

Kenaikan nilai ether dimulai sejak awal tahun ini. Tentunya didukung oleh popularitasnya aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) sebagai pengganti dari perantara keuangan tradisional pada bank, perusahaan asuransi ataupun perusahaan lainnya.

Agregator data DeFi Pulse juga menunjukkan lebih dari US$72 miliar berada pada aplikasi tersebut. Meskipun dalam keadaan yang terus meningkat, ethereum masih menghadapi saingan seperti Binance Smart Chain.

Tahun 2021 Buterin meluncurkan ethereum. Ia juga pernah mendirikan Majalah Bitcoin bersama mihai Alisie saat berusia 18 tahun. Tercatat sebanyak US$600.000 token ether disumbangkan untuk bantuan dana Covid-19 di India.

Peningkatan tajam harga ethereum memang memberikan keuntungan bagi investor yang memiliki aset ini. Tidak terkecuali Buterin sebagai peluncur ether menjadi miliarder termuda akibat pelonjakan harga ethereum.

- sponsor -

Binance Ilegal, Kenali Marketplace Uang Kripto Legal

0
Binance Ilegal, Kenali Marketplace Uang Kripto Legal
Perusahaan Uang Crypto legal di indonesia

Harga uang kripto yang melonjak tajam sejak tahun kemarin membuat peminatnya terus bertambah. Harga uang kripto yang bahkan mampu mengalahkan pasar modal mampu menarik masyarakat untuk berinvestasi cryptocurrency.

Peningkatan yang tajam ini membuat berbagai platform yang menjadi marketplace untuk berinvestasi kripto bermunculan. Untuk bisa berinvestasi dengan tenang, maka perlu memilih platform yang sudah berizin.

Salah satu platform yang di klaim sebagai tempat jual beli aset kripto terbesar adalah Binance. Sayangnya, Binance bukanlah platform yang berizin dan sampai saat ini belum terdaftar resmi di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam L Tobing. Informasi pada website Bappebti juga sejalan dengan keterangan Tongam.

Per tanggal 18 Februari 2021, pada website tersebut menyebutkan hanya terdapat 13 perusahaan yang terdaftar resmi ke dalam Daftar Perusahaan Pedagang Aset Kripto. Tentunya Binance tidak ada dalam daftar tersebut.

Binance Ilegal, Kenali Marketplace Uang Kripto Legal
Binance Ilegal

Binance Tidak Resmi di Indonesia

Menurut Tongam, Binance dihentikan oleh SWI dan diumumkan pada siaran pers tanggal 27 Oktober 2020 kemarin. Tujuannya untuk melindungi masyarakat dari operasi platform aset digital yang tidak memiliki izin.

Tidak hanya itu, Tongam juga memberikan pernyataan bahwa SWI pernah memanggil pengurus dan pengacara dari Binance di Jakarta. Pertemuan ini dilakukan untuk melakukan kesepakatan pemberhentian kegiatan Binance yang tanpa izin.

Tongam juga menambahkan bahwa kegiatan usaha yang dijalankan di Indonesia harus memiliki izin sesuai dengan instansi terkait. Sebelum Binance mengantongi izin tersebut, maka tidak diizinkan beroperasi di Indonesia.

Di sisi lain, Tongam juga memberikan keterangan bahwa jika Binance tidak memiliki izin, maka akan sulit dilakukan pengawasan di Indonesia. Hal ini dikarenakan seperti tidak adanya data kegiatan usaha.

Selain itu, adanya izin legal beroperasi juga bertujuan agar adanya pengawasan atas perlindungan konsumen, aliran dana, kesesuaian dengan ketentuan di Indonesia dan ketentuan lainnya yang berlaku.

Tongam juga menjelaskan jika hal ini dibiarkan maka berisiko tinggi dapat merugikan masyarakat. Jika terjadi permasalahan, maka akan pihak yang beroperasi tanpa izin semakin sulit untuk diminati pertanggungjawaban.

Binance Ilegal, Kenali Marketplace Uang Kripto Legal
Uang Kripto Legal

Perusahaan Uang Kripto Legal di Indonesia

Dalam memberikan kenyamanan bagi investor mata uang kripto di Indonesia, maka pemerintah Indonesia melalui Bapebbti sudah mengeluarkan izin. Akan tetapi, izin ini baru dikantongi oleh beberapa perusahaan.

Bapebbti sudah memberikan izin dan mengeluarkan izin untuk tiga belas perusahaan perdagangan kripto di Indonesia. Daftar perusahaan pertama yang sudah mengantongi izin ialah PT Cripto Indonesia Berkat.

Perusahaan kedua yang sudah mengantongi izin ialah Upbit Exchange Indonesia. Tidak ingin meninggalkan kesempatan arus pasar yang melejit, PT Tiga Inti Utama juga sudah mengantongi izin perdagangan mata uang kripto.

PT Indodax Nasional Indonesia juga sudah memiliki izin perdagangan kripto. Disusul juga dengan perusahaan PT Pintu ke mana Saja yang sudah mengantongi izin perdagangan. Beberapa perusahaan lainnya juga bisa Anda pilih.

Misalkan, PT Zipmex Exchange Indonesia, PT Bursa Cripto Prima dan PT Luno Indonesia Ltd. Selain itu, juga ada PT Rekeningku Dotcom Indonesia yang memberikan jalur perdagangan aset kripto.

Disusul juga oleh PT Indonesia Digital Exchange dan PT Cipta Coin Digital. Dua perusahaan lainnya yang memiliki izin terbaru ialah PT Triniti Investama Berkat dan PT Plutonext Digital Aset.

Perkembangan kripto di Indonesia memang membuat platform marketplace berkembang. Terdapat tiga belas perusahaan yang sudah mendapatkan izin, tetapi Binance tidak masuk dalam daftar meskipun termasuk terbesar di dunia.

- sponsor -

Akhir Pekan Kripto Cuan, Bitcoin Terus Melejit

0
Akhir Pekan Kripto Cuan, Bitcoin Terus Melejit
Kripto Cuan

Kripto Cuan terus dan tidak pernah berhenti memberi kabar baik semenjak kepopulerannya tahun lalu. Harganya yang meningkat tajam membuat para investor tergiur untuk membeli kripto dengan tujuan cuan.

Tidak hanya itu, masyarakat yang belum mengenal dunia investasi juga ikut tergiur untuk membeli kripto karena tawaran keuntungan yang fantastis. Tren ini selalu meningkat di tiap minggunya.

Hal menarik menjadi alasan para investor memburu kripto salah satunya karena transaksinya yang bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, berbeda dengan jenis investasi lainnya, transaksi kripto bisa dilakukan di akhir pekan.

Misalkan saja investasi klasik seperti saham dan obligasi, itu hanya bisa dilakukan transaksi pada hari Senin sampai Jumat pada waktu tertentu. Waktu ini jauh berbeda dengan transaksi kripto.

Pada transaksi kripto bisa dilakukan selama 24/7, yaitu selama 24 jam dan 7 hari seminggu. Ini berarti kripto bisa dilakukan transaksi tanpa henti, termasuk hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

Akhir Pekan Kripto Cuan, Bitcoin Terus Melejit - - Korancrypto

Perkembangan Kripto Cuan di Akhir Pekan

Salah satu mata uang kripto yang paling populer dan penjualannya selalu fantastis ialah bitcoin. Bahkan, hampir setengah hari dari seluruh kapitalisasi pasar kripto adalah transaksi bitcoin.

Penerimaan bitcoin yang terus semakin meningkat menjadi penggerak utama dalam mata uang kripto lainnya. Perdagangan yang berjalan setiap hari memberikan keuntungan tersendiri bagi bitcoin CS di tahun ini.

Data dari Refinitiv menyebutkan bahwa pada hari Minggu bitcoin memberikan catatan positif yaitu rata-rata kenaikannya besar dibandingkan hari-hari sebelumnya. Data ini tentunya menjadi sinyal baik dalam transaksi kripto.

Bahkan di minggu awal bulan Januari kemarin bitcoin memberikan catatan penguatan mencapai 8 persen dan 6 persen. Sedangkan, pada hari Minggu terakhir di bulan Februari kenaikan terjadi sebesar 8,5 persen.

Rata-rata data pada Refinitiv juga memberikan catatan rata-rata penguatan bitcoin sebesar 2,4 persen pada hari Minggu. Rata-rata data ini memberikan informasi penguatan lebih tinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Selain hari Minggu, hari Selasa juga menjadi hari kenaikan terbesar kedua bitcoin mencapai 1,35 persen. Sedangkan, pelemahan sering terjadi di hari Senin dan Sabtu mencapai 0,62 persen dan 0,75 persen.

Akhir Pekan Kripto Cuan, Bitcoin Terus Melejit  - Korancrypto

Transaksi Kripto Sepanjang Hari

Bitcoin juga memiliki volatilitas yang sangat mengejutkan, karena kenaikan dan pelemahannya bisa terjadi dengan cepat. Minggu memang menjadi hari terbaik untuk memainkan bitcoin di pasar investasi.

Data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa aset kripto menjadi alat investasi baru. Bahkan, juga dinyatakan akan terus mengalami peningkatan di tahun-tahun berikutnya.

Data yang dimiliki Bappebti juga menunjukkan bahwa pekan akhir Februari untuk jumlah investor kripto sudah mencapai 4,2 juta orang. Angka ini sudah mendekati jumlah investor pasar modal sebesar 4,5 juta.

Bulan Februari Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menunjukkan data bahwa jumlah Single Investor Identification (SID) mencapai 2 juta jiwa. Angka ini menunjukkan jumlah investor kripto lebih besar dibandingkan investor saham.

Sedangkan, data dari Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia juga memberikan informasi 5 juta dari 270 penduduk Indonesia merupakan investor kripto. Bahkan, 20 persen dari jumlah tersebut adalah perempuan.

Meluasnya dampak dari blockchain dan aset kripto diperankan lebih banyak oleh kaum perempuan. Data ini sesuai dengan yang dipaparkan oleh Teguh Kurniawan selaku COO Tokocrypto.

Perkembangan dunia investasi membuat aset kripto masuk sebagai salah satu pilihan bagi para investor sejak setahun lalu. Bitcoin menjadi salah satu yang diandalkan untuk memperlebar sayap mata uang kripto.

- sponsor -

Investor RI Kalahkan Pasar Modal, Ini Kata Pedagang Kripto

0
Aset Kripto

Kripto menjadi salah satu aset yang sedang digandrungi oleh para investor. Beberapa hari terakhir kripto memberikan sinyal pertambahan signifikan akibat membooming secara konsisten dalam beberapa waktu.

Para investor berlomba untuk membeli kripto sehingga mengalami kenaikan signifikan dari peminat sebelumnya. Karena hal inilah membuat investor kripto berhasil melampaui pasar modal di Indonesia.

Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia menunjukkan data bahwa dari seluruh masyarakat Indonesia sekitar 270 juta penduduk, 5 juta diantaranya merupakan investor yang membeli aset kripto.

Tidak hanya itu, demografi tersebut menunjukkan bahwa perempuan ikut andil dalam memboomingkan kripto sekitar 1 juta atau 20 persen dari pemilik aset kripto merupakan kaum perempuan.

Kemunculan teknologi dan meluasnya dampak blockchain dan aset kripto, COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan menginformasikan bahwa sejumlah wanita berperan penting dalam pengaruh global blockchain dan kripto.

Aset Kripto

Perkembangan Kripto di Indonesia

Data lain dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga menunjukkan bahwa hingga Maret kemarin investor pasar modal mencapai 4,84 juta. Angka ini tumbuh sekitar 24,95 persen sejak akhir 2020 kemarin.

Bahkan, C-BEST juga mencatat jumlah investor saham sebanyak 2,19 juta investor. Angka ini mengalami kenaikan hingga 29,59 persen persen sejak akhir tahun 2020 kemarin yang ada di angka 1,69 juta.

Harga kripto di Indonesia belakangan ini memang sedang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh masuknya perusahaan besar seperti tesla yang membeli US$1,5 miliar di Bitcoin.

Pengaruh besarnya setelah Elon Musk sebagai pemilik perusahaan ini memberikan izin membeli mobil listrik dengan Tesla. Hal ini menjadi menarik hingga membuat banyak orang melakukan investasi aset ini.

Bahkan, semenjak Elon Musk memberikan pengumuman tersebut, angka transaksi aset kripto di Indonesia sangat fantastis. Misalkan seperti data yang disampaikan oleh CoinMarketCap menunjukkan 4 perusahaan aktif melakukan transaksi.

Sebagai contoh Indodax melakukan transaksi mencapai US$166,62 juta atau setara dengan 2,41 triliun rupiah dalam seharinya. Tentunya angka ini sangat mempengaruhi laju kripto di Indonesia.

Perusahaan lainnya seperti Zipmex juga melakukan transaksi dalam jumlah besar mencapai US$69,25 juta atau setara dengan 1,1 triliun rupiah setiap harinya. Perusahaan Triv juga tidak tinggal diam.

industri ini melakukan transaksi kripto mencapai US$77,75 juta atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Perusahaan lainnya seperti Rekeningku.com juga ikut melakukan transaksi mencapai US$34,44 juta atau setara dengan 499,38 miliar rupiah.

Aset Kripto

Pengaruh Perempuan Pada Aset Kripto

Kaum hawa tidak hanya tinggal diam dalam memanfaatkan aset kripto untuk berinvestasi. Bahkan, hingga laju kripto semakin cepat di Indonesia, 20 persennya merupakan investor perempuan.

Tren ini tidak lepas dari pengaruh global. Salah satu Firma Investment Digital Asset yaitu Meltem Demirors, CSO CoinShares memaparkan bahwa di Amerika Serikat sebesar 80 persen wanita berpengaruh.

Data lainnya yaitu dari World Economic Forum menyebutkan bahwa Indonesia menduduki posisi ketujuh dalam kesetaraan gender di Asia Tenggara. Perempuan dianggap memberikan dampak jangka panjang pada aset kripto.

Selain itu, perempuan juga mampu memberikan dampak besar dalam industri kripto. Teguh Kurniawan juga menyebutkan bahwa asosiasi pedagang kripto harus lebih memotivasi perempuan untuk ikut serta dalam industri aset kripto.

Cara ini dianggap mampu memberikan peranan penting dalam mempertahankan kepopuleran kripto di kalangan perempuan. Edukasi tentang kripto juga perlu diberikan untuk para perempuan yang berinvestasi kripto.

Memilih untuk melakukan investasi aset kripto menjadi salah satu langkah memajukan investasi Indonesia. Apalagi investor kripto berhasil melampaui pasar modal dalam negeri akibat laju perkembangannya.

- sponsor -
999FansLike
999FollowersFollow
999SubscribersSubscribe
IDR - Indonesian Rupiah
EUR
17,301.69
GBP
20,123.65
CHF
15,813.03
NOK
1,712.82
JPY
130.85
CAD
11,776.13
AUD
11,067.44