- sponsor -

Isu mengenai Bitcoin tidak ramah lingkungan saat ini kontradiktif dengan kenyataan bahwa pertumbuhannya mencapai 9 juta persen dalam 10 tahun. Mata uang digital ini menganut sistem liberal, sesuai ideologi penemunya.

Tidak ada entitas tunggal atau sistem sentralistik yang mengendalikan currency ini. Bitcoin mengguncang ekosistem finansial konvensional yang selama ini sudah diterapkan. Kehadirannya seolah mengambil alih pimpinan.

Bitcoin Tidak Ramah Lingkungan, Benarkah?

Bitcoin Tidak Ramah Lingkungan, Benarkah? | Korancrypto

Gudang rig untuk keperluan mining crypto bekerja secara terus menerus selama 24 jam per hari. Proses penambangan tersebut membutuhkan energi yang sangat banyak pada suatu negara.

Jika terus menerus beroperasi, berarti listrik menyala tanpa henti. Hal ini bisa menambah nilai tagihan energi pada kurun waktu tertentu. Begitu juga dengan karbon dan limbah yang mengancam kesehatan iklim.

Saat mining atau transaksi jual beli kripto sedang berlangsung, komputer, laptop, bahkan ponsel dengan jaringan internet menghasilkan sebuah hash rate. Yaitu sebuah indikator kecepatan penambangan kripto.

Cryptocurrency selain Bitcoin juga menggunakan sistem serupa. Sistem semacam ini sangat berdampak pada penggunaan energi. Sedangkan komputer pada dasarnya menggunakan banyak GPU, bukan hanya satu.

Rig, atau alat pengeboran, dalam hal ini secara digital, umumnya menggunakan GPU NVIDIA dan AMD berdaya watt tinggi. Semakin banyak orang berlomba-lomba melakukan mining, mempengaruhi penggunaan energi.

Pada suatu lokasi penambangan, terkadang bisa menggunakan ribuan rig untuk melakukan aktivitas mining. Bayangkan berapa banyak energi terpakai, serta panas yang dihasilkan. Sehingga membutuhkan kipas pendingin, menambah kebutuhan akan energi.

Hal-hal seperti ini memiliki kontribusi negatif terhadap lingkungan. Karena semakin banyak orang akhirnya mengonsumsi energi dari bahan bakar fosil. Sedangkan ketersediaannya terbatas, serta menghasilkan gas penyebab efek rumah kaca.

Para trader dan miner sekarang sedang memikirkan solusi pengganti berupa energi terbarukan. Seperti yang dilakukan di Provinsi Sichuan, China, mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga air. Murah dan ramah lingkungan.

Sudah saatnya membuat alternatif yang lebih ramah lingkungan, yaitu dengan memanfaatkan pembangkit listrik tenaga alam. Saat ini telah diciptakan beberapa mata uang digital bersifat “hijau” seperti Cardano dan Ethereum.

Berikut Dampak Lainnya

Berikut Dampak Lainnya | Koran Crypto

Bitcoin sebagai sebuah inovasi aset digital, berkat dukungan program komputer serta kriptografi, memiliki nilai tersendiri. Kiprahnya telah mendapat apresiasi sebagai aset dengan volatilitas tinggi. Sangat menantang spekulasi para trader.

Para trader semakin beradaptasi dengan mata uang crypto, disusul dengan keuntungan berupa bebas biaya transaksi dengan syarat tertentu. Sudah bukan rahasia lagi bahwa cryptocurrency lebih efisien, cepat, mudah, dan terjangkau.

Seiring berjalannya waktu, kripto bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran, bahkan memperoleh berbagai potongan harga di beberapa marketplace. Atau mungkin saja penggunaan crypto mendukung jual beli barang eksklusif.

Adaptasi yang dilakukan para trader dan konsumen, serta spekulasi di dalam bursa mengakibatkan harganya melambung tinggi. Hal ini merupakan peluang bagi para penambang untuk melancarkan aksinya.

Kehadiran cryptocurrency dipandang sebelah mata oleh banyak investor senior, seperti Warren Buffet dan John Paulson. Namun keberadaan mata uang digital adalah dasar penelitian bagi para ilmuwan, khususnya bidang teknologi.

Bitcoin mungkin terus mencakup pangsa pasar yang lebih luas di masa mendatang. Termasuk sektor perbankan, sistem pengiriman uang tradisional, berbagai pembayaran mikro, serta berbagai sekuritas di dunia.

Semua transaksi yang sudah terjadi mungkin dilanjutkan menggunakan sistem blockchain, termasuk berbagai akte atau sertifikat. Walaupun disebut Bitcoin tidak ramah lingkungan, mungkin seluruh dunia akan menggunakannya sebagai alat pembayaran universal.

- sponsor -