- sponsor -

Bitcoin Pengganti Uang Cash – Banyak pengamat yang mengatakan, bahwa masa kejayaan uang kertas dan koin akan segera berakhir di masa depan. Lalu, bagaimana manusia akan bertransaksi? Ada uang kripto yang diramal bakal sukses di masa depan nanti.

Bisa dikatakan bahwa uang kripto atau uang digital, nantinya yang akan membuka revolusi dalam keuangan, serta menjadi alat tukar masa depan. Bahkan, profesor dari Universitas Cornell, Eswar Prasad mengatakan hal demikian.

Dikatakan pula bahwa masa depan uang digital akan sukses, salah satunya adalah bitcoin. The Fed bahkan akan segera melakukan peninjauan mengenai, biaya beserta manfaat yang terkait dengan Central Bank Digital Currency (CBDC).

Perkiraan Bitcoin Pengganti Uang Cash di Masa Depan

Perkiraan Bitcoin Pengganti Uang Cash di Masa Depan | KORANCRYPTO

Jika mengutip dari laman Yahoo, mencatatkan secara langsung bahwa Cryptocurrency jika diadopsi menjadi mata uang utama pada masa depan nanti, memang tipis perkiraannya.
Sebab, masih banyak orang yang menggunakan uang tunai seperti jenis kertas dan koin.

Namun, bila melihat ke beberapa tahun belakangan ini, pembayaran secara digital mulai tumbuh secara eksponensial. Dengan dasar tersebut, bisa disimpulkan bahwa AS sedang memberikan kepercayaan untuk bergerak ke arah ekonomi digital.

Tapi kembali lagi, apakah nanti bentuk pembayaran tersebut menjadi dominan beberapa tahun selanjutnya?

Menurut Eswar Prasad, hal itu mungkin tidak akan terjadi. Hal tersebut karena uang kripto memiliki volatilitas. Jadi, jika dominan menjadi alat pembayaran masa depan, masih belum bisa disetujui.

Ditambah lagi, stablecoin menjadi lebih luas dalam waktu bersamaan pada perkembangan ekonomi digital. Eswar juga menambahkan, bahwa cryptocureency mungkin tidak akan menjadi pertukaran yang luas secara global seperti jenis uang kertas atau koin.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Eswar dengan melihat dari yang terdesentralisasi, seperti koin kripto dan juga volatilitas. Meski begitu, ia juga menambahkan bahwa kripto dapat memunculkan stablecoin.

Meski tidak akan menjadi alat pertukaran secara luas, tapi adanya uang digital ada manfaat di sektor lain. Misalnya mendapat dukungan dari pemerintah, dapat bermanfaat secara egaliter pada sektor swasta.

Kenapa cukup bermanfaat bagi sektor swasta? Karena perkembangannya memungkinkan inklusi pada keuangan secara lebih besar.

Fenomena Milenial yang Mulai Tertarik dengan Cryptocurrency

Korancrypto - Fenomena Milenial yang Mulai Tertarik dengan Cryptocurrency

Adanya pernyataan yang mengatakan bahwa mata uang digital atau cryptocurrency akan menggeser eksitensi uang kertas dan koin di masa depan, juga didukung bahwa anak milenial mulai tertarik dengan uang kripto.

Terutama anak muda yang sedang menjalani pendidikan di bangku kuliah, atau baru menjalani dunia kerja. Entah berasal dari backgrund pendidikan mana, mereka tertarik dengan kripto.

Alasannya cukup sederhana, bahwa ini adalah obrolan anak-anak milenial sekarang ini. dan terbukti, secara data memang kripto sedang sangat populer saat ini.

Bahkan ada statistik mencatat bahwa jenis cryptocurrency paling populer, yaitu bitcoin, sudah ditransaksikan sebanyak 330.000 per hari pada bulan Desember 2020. Lalu pada Januari 2021 transaksinya mencapai 400.000.

Jika menengok berdasarkan data terakhirnya, kapitalis dari bitcoin sudah menembus 1 triliun US dolar. Lebih mencengangkan lagi, bahwa sudah ada 4000 jenis koin, sudah ada di dunia.

Tentunya, uang digital memiliki tempat penyimpanannya, yang kini telah aktif sebanyak 63 juta. Bahkan CNBC dan Acorn’s telah mengadakan sebuah survey, dengan temaInvest In You. Next Gen Investor.

Dalam survey yang mereka lakukan, memang membuktikan bahwa tercatat lebih banyak tiga kali lipat dari generasi tua, Milenial dan Gen Z lebih tertarik berinvestasi di Cryptocurrency.

Tidak jauh beda dengan Indonesia, investor kripto sekarang ini berkisar antara umur 20 tahun hingga 30 tahun. Sekarang, transaksi kripto di Indonesia sendiri sudah mencapai Rp. 2,5 triliun sampai Rp. 2,7 triliun per harinya.

- sponsor -