- sponsor -

Teknologi pendinginan dalam pertambangan Bitcoin yang baru ini akan membuat aktivitas mining Bitcoin akan menjadi lebih Go Green. Ini yang sangat dibutuhkan karena hingga saat ini, aktivitas pertambangan Bitcoin sangat memancing kontroversi dari para aktivis kesehatan lingkungan.

Industri pertambangan tidak ada yang berefek bagus bagi lingkungan. Ini hanya akan membuat lingkungan terasa panas dan pada akhirnya mengakibatkan kerusakan yang berkepanjangan.

Dan hal yang sama juga terjadi pada Bitcoin yang mana melakukan pertambangan dengan mesin panas. Tujuan pertambangan ini adalah untuk bisa mendistribusikan koin baru agar transaksi dalam sistem Bitcoin dapat berjalan dengan lancar.

Tetapi hal ini juga yang dikecam. Banyak pihak yang menganggap aktivitas yang dilakukan ini akan menyebabkan rusaknya lingkungan akibat suhu yang sangat panas.

Setiap transaksi yang menggunakan Bitcoin ini akan membuat penambang harus mengolah mesin komputer lagi agar bisa distribusikan ke yang lain. Namun karena semakin seringnya pertambangan ini dilakukan, banyak aktivis yang menuntut agar segera memperbaiki sistem yang rusak tersebut.

Bagaimana Cara Kerja dan Sistem Pertambangan Bitcoin?

Korancrypto - Bagaimana Cara Kerja dan Sistem Pertambangan Bitcoin?

Penambangan Bitcoin merupakan serangkaian proses dimana Bitcoin baru dimasukkan ke dalam sirkulasi. Ini dilakukan setiap kali para penggemar Bitcoin melakukan transaksi yang telah dikonfirmasi hingga bisa memasukkan komponen pemeliharaan dari perangkat keras komputer yang canggih.

Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan kantong penambang dan ekosistem dalam Bitcoin. Penambang Bitcoin ini menghasilkan koin seperti selayaknya sebuah bank menghasilkan uang kertas.

Namun, sebuah koin diproduksi dan diedarkan melalui jaringan yang digunakan penambang. Karena menggunakan sistem jaringan, aktivitas pertambangan Bitcoin ini juga ada batasannya.

Diprediksi aktivitas pertambangan akan berakhir di sekitar tahun 2140 atau 120 tahun lagi. Dan dari sini juga kita bisa mengenal kapan waktunya Bitcoin bisa menduduki masa nilai yang tinggi.

Bitcoin Akan Menggunakan Teknologi Pendingin Baru

Korancrypro - Bitcoin Akan Menggunakan Teknologi Pendingin Baru

Salah satu masalah pada Bitcoin hingga saat ini adalah mengenai aktivitas pertambangan yang membahayakan lingkungan. Infrastruktur yang ada di pabrik penambangan Bitcoin, Riot Blockchain, juga menegaskan bahaya yang bisa terjadi jika Bitcoin tidak mulai merubah sistem kerjanya.

Belum lagi Bitcoin memiliki rencana mencapai tujuan Go Green sebelum tahun 2030. Dalam periode waktu singkat ini, bitcoin dipaksa untuk berubah signifikan dari aktivitas pertambangannya yang cukup beresiko untuk lingkungan.

Menjadi hal yang malah menyelamatkan lingkungan jangka panjang. Dan ini berhasil mendapatkan atensi positif dari para pengembang kripto. Dan untuk merealisasikan itu semua, mereka melakukan riset dan uji klinis.

Terbukti, sekarang mereka telah berhasil menemukan serangkaian alat untuk membuat aktivitas penambangan menjadi lebih Go Green. Riot Blockchain berhasil mengembangkan infrastruktur penambangan Bitcoin berpendingin dengan daya yang hanya 200 Megawatt.

Produktivitas bisa bertambah 25% secara keseluruhan, dan 50% dari kinerja ASIC. Ini tentu saja merupakan angka yang cukup bagus untuk produk yang masih baru.

engembang juga mengklaim jika panas dan kebisingan yang dihasilkan dari aktivitas penambangan pabrik Bitcoin akan berkurang 90%.

Satu hal lagi yang cukup membanggakan adalah 40% dari panas yang dikeluarkan, akan diserap hingga nantinya bisa menjadi energi baru untuk hidupkan listrik. Bitcoin memiliki rencana untuk menjadi pabrik nol emisi di tahun 2030.

Namun, dengan sudah adanya produk pendingin dari Riot Blockchain ini, diklaim dapat membuat Bitcoin dapat 100% go green di tahun 20024. Jadi, sangat menarik untuk melihat perkembangan teknologi dari Bitcoin ini.

- sponsor -