- sponsor -

Perdagangan di sektor mata uang kripto mengalami penurunan drastis pada perdagangan terakhir. Nilai dari aset kripto seperti Bitcoin dan Lainnya Anjlok hingga hampir mencapai sepuluh persen.

Beberapa aset yang menguasai pasar perdagangan tidak mampu bertahan dan bergerak turun pada perdagangan terakhir. Selain itu, di sektor perdagangan lainnya juga mengalami penurunan seperti pada perdagangan saham.

Hal ini diduga kuat akibat dari pernyataan dari Joe Biden Presiden AS yang disampaikan pada kamis lalu tentang konflik Rusia-Ukraina. Biden Mengatakan bahwa Rusia bisa saja melakukan penyerangan terhadap Ukraina dalam beberapa hari.

Ketegangan Antara Rusia dan Ukraina

Korancrypto - Ketegangan Antara Rusia dan Ukraina

Ketegangan antara kedua belah pihak telah berlangsung cukup lama dan mempengaruhi berbagai aset perdagangan. Diantaranya adalah anjloknya nilai pada aset kripto dan saham. Namun, di sisi lain terdapat kenaikan di aset seperti emas dan uang tunai.

Keinginan Ukraina untuk gabung aliansi militer NATO, tidak disetujui oleh pihak Rusia. Akibatnya Rusia menempatkan pasukan militer di perbatasan Ukraina dan menjadikan suasana semakin memanas diantara keduanya.

Selama ketegangan yang terjadi dan menyebabkan keadaan geopolitik, kebanyakan investor menghindari pembelian aset yang tidak stabil. Para investor ini lebih memilih menyimpan asetnya dengan safe-haven yakni uang tunai atau emas.

Ketegangan dan inflasi yang ada menjadikan komoditas emas justru mengalami kenaikan cukup tinggi. Dalam waktu sepekan perdagangan ini. harga emas mencapai level 1.900/troy ons.

Selain itu, hal lain yang menjadi pengaruh jatuhnya harga aset kripto adalah kenaikan suku bunga. Pada saat kenaikan ini, investor akan menghindari mengucurkan dana ke dalam investasi yang sifatnya beresiko tinggi seperti bitcoin.

Naiknya suku bunga ini akibat inflasi parah yang terjadi pada pada bulan Januari yang mencapai angka 7,5 %. Ini merupakan tingkat inflasi tertinggi semenjak empat puluh tahun terakhir. The Fed pun siap dengan kebijakan siklus pengetatan moneter.

Mengetahui Harga Bitcoin dan Lainnya Anjlok

Koran Crypto - Mengetahui Harga Bitcoin dan Lainnya Anjlok

Bitcoin mengalami penurunan hingga 9,9 % selama sepekan dan 4,18 % selama 24 jam ini menjadi harga 38,328.21 dollar. Di posisi kedua penguasa pasar yakni Etherum juga turun mengalami penurunan 4,62 % pada posisi 2,614.62 dollar, sepekan penurunan ini 9,55 %.

BNB turun 4,57 % pada posisi 380.74 dollar. XRP pada posisi 6 merah dengan 5,11 % di harga 0.787 dollar. Disusul ADA 5,63 % harga 0.9379 % pada pagi ini, penurunan seminggu ini mencapai 10,35 %.

Penurunan juga terjadi pada LUNA sekitar 2,27 % dengan price 49.47 dollar. Diposisi Selanjutnya ada Avalanche mengalami penurunan hingga 8,26 % dalam kurun waktu 24 jam perdagangan di posisi 77.39 %. Dogecoin juga tidak mampu bertahan dan turun sebanyak 2,80 % di 0.1369 dollar. Polkadot merah di 4,63 % dengan harga per koinnya 16.94 dollar.

Shiba Inu juga mengalami penurunan cukup parah dengan menyentuh nilai 7,23 % atau 0.00002541 dollar. Polygon 5,69 % atau 1.52 dollar dilansir dari coinmarketcap pagi ini. di posisi 100 terbawah perdagangan diisi oleh CroBank yang anjlok hingga angka 16,51 % atau 1,57 dollar.

Namun di sisi lain tampaknya stable coin mengalami kenaikan hari ini. USDC coin bergerak naik dengan 0,05 % pada posisi 1 dollar. Kenaikan juga tampak pada aset Solana dengan kenaikan 2,25 % harga 92.64 %.

Selain keduanya di posisi 10 besar perdagangan terakhir berada di garis merah hingga pagi ini. diperkirakan bahwa naik turun dari aset ini akan terjadi secara terus menerus jika konflik Rusia-Ukraina terus terjadi.

- sponsor -