- sponsor -

Sebagai komoditas berjangka, Bitcoin dan Kripto Lainnya dapat digunakan sebagai alat investasi atau bisa diperjualbelikan. Ini banyak dipilih investor dengan tujuan sebagai perlindungan aset. Meski begitu, penggunaan sebagai alat pembayaran tidak dibenarkan dan belum legal di Indonesia.

Pada perdagangan terakhir, mata uang digital kripto tampak mengalami kenaikan harga setelah sehari sebelumnya alami penurunan. Naik turun telah selama seminggu terakhir diprediksi mungkin akan terus terjadi.

Bitcoin sebagai mata uang dengan kapitalisasi terbesar mengalami kenaikan pada perdagangan terakhir. Selain itu, Etherum serta beberapa jenis mata uang lainnya mengalami peningkatan harga di pasar global.

Selain itu, stable coin atau mata uang yang biasanya menawarkan kestabilan turut ikut bergerak mendaki. Top grainer atau posisi teratas perdagangan diisi oleh Metapay. Posisi bawah atau losers di tempati PAPPAY.

Penyebab Naik Turun Harga Bitcoin dan Kripto Lainnya

Korancrypto - Penyebab Naik Turun Harga Bitcoin dan Kripto Lainnya

Naik turun harga mata uang kripto diperkirakan sebagai akibat dari peretasan yang terjadi pada tahun 2016 terhadap kripto Biftinex di Hongkong. Terkait hal ini, dua orang yang diduga dalang dalam peristiwa ini diamankan oleh pemerintah Amerika Serikat selasa lalu.

Bersama dengan penangkapan ini, pemerintah Amerika Serikat turut menyita uang lebih dari 3,6 miliar dollar atau kisaran 51,7 triliun rupiah. Dengan terungkapnya kasus ini menjadikan penyitaan oleh Departemen Kehakiman AS merupakan yang terbesar.

Keduanya masing-masing bernama Heather Morgan serta suaminya Liya Linchestein usia 31 dan 34 tahun. Tersangka merupakan orang yang memang ahli dalam informasi teknologi terutama untuk blockhain.

Ditangkap di daerah Mahattan dan akan segera diproses dalam pengadilan atas tuduhan pencucian uang dan penipuan di Amerika Serikat.

Meski telah dilakukan pengkapan, bitcoin yang dicuri belum dapat dilacak seluruhnya. Dengan ini akan terus dilakukan investigasi untuk menemukan bitcoin yang telah digondol itu.

Harga Mata Uang Kripto Saat Ini

Korancrypto - Harga Mata Uang Kripto Saat Ini

Bitcoin mengalami kenaikan sehari setelah alami penurunan dan berada pada level 44.532,95 dollar AS per koinnya. Ini setara dengan 638,8 juta dalam rupiah (perkiraan kurs 14.347 rupiah per dollar).

Etherum yang merupakan kapitalisasi pasar terbesar setelah bitcoin juga mengalami penguatan. Dalam 24 jam terakhir perdagangan, Etherum menyentuh angka 4,13 % dan 22,10 % dalam seminggu terakhir. Harga saat ini level 3.244,71 per koin.

Disusul Binance Coin (BNB) yang juga sempat mengalami pelemahan, ikut naik dalam perdagangan terakhir. BNB kuat sebesar 2,87 % dan berada di level 422,32 dollar AS. Jika dihitung dalam sepekan, BNB telah naik 14,72 %.

Selanjutnya adalah Cardano. Cardano tidak luput dari pergerakan naik turun dalam pasar global seminggu terakhir. Dalam sepekan cardano menyentuh 16,73 %. Pada perdagangan terakhir cardano menguat dengan 2,94 % berada di level 1,20 dollar per koin.

Solana (SOL) tidak ketinggalan dalam penguatan harga. Solana bergerak naik sebanyak 1,45 % ada di level 114,5 dollar per koin. Dengan begitu, dalam satu pekan ini kenaikan yang dialami SOL sebanyak 15,94 %.

Di sisi lain, stable coin juga menorehkan kabar positif dengan naik dan bergerak menguat pada perdagangan. Thether (USDT) menguat 1,01 % dan USD coin (USDC) 0,03 %. Saat ini USD level 1,00 dollar. Polkadot (DOT) naik 2,1 % level 22,01 dollar AS.

Tetapi, ada juga yang mengalami penurunan yakni Terra (LUNA) sebesar 0,46 % di posisi 57,27 dollar. Top Grainer oleh Metapay 1.050,9 % . Sementara losers PAPPAY terjun bebas 81,3 %.

- sponsor -