- sponsor -

Usai mengalami penurunan harga secara bersamaan pada perdagangan Kamis lalu, mata uang kripto kembali bangkit. Terpantau pada perdagangan Jumat pagi mayoritas mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar menguat.

Peningkatan ini berhasil dilakukan usai dua hari beruntun mengalami pelemahan. Menurut CoinMarketCap, dari keseluruhan kripto berkapitalisasi besar yaitu delapan jenis, maka hanya Ethereum dan Solana yang melemah.

Kripto Ethereum melemah ke angka 0,56 persen menuju angka US$ 3.294,56 setiap koinnya. Harga ini jika disetarakan dalam rupiah, maka akan memperoleh harga sejumlah Rp 49.797.480 setiap koinnya.

Perhitungan ini juga berdasarkan kurs yang diasumsikan sebesar Rp 14.250 setiap US$. Sementara itu, Solana ikut ambruk menemani keterpurukan Ethereum yang belum bangkit dalam beberapa hari terakhir.

Solana melemah ke angka 8,27 persen menuju angka US$ 194,67 setiap koinnya. Harga akan setara dengan Rp 2.774.048 untuk setiap koinnya jika disetarakan dengan mata uang Indonesia yaitu rupiah.

Akhir Ini Bitcoin CS Kembali Melambung 

Akhir Ini Bitcoin CS Kembali Melambung  | Korancrypto

Selain dua jenis koin digital yang disebutkan sebelumnya, jenis lainnya berhasil merangkak ke zona hijau. Terpantau bitcoin berhasil menguat ke angka 1,31 persen menuju level harga US$ 46.851,29 setiap koinnya.

Jika dikonversi ke dalam rupiah, maka harganya akan setara dengan Rp 667.630.883 setiap koinnya. Sementara itu, jenis koin cardano juga ikut meningkat menuju angka 4,38 persen.

Peningkatan tersebut membuat cardano berhasil menyentuh level harga US$ 2,56 untuk setiap koinnya. Jika disetarakan dengan rupiah, maka seharga Rp 36.480 untuk setiap koin yang diperdagangkan.

Jenis lainnya yaitu binance coin melonjak ke angka 5,13 persen menuju angka US$ 435,06 setiap koinnya. Harga ini akan setara dengan Rp 6.199.605 setiap koinnya jika dikonversi ke dalam rupiah.

Selanjutnya jenis ripple juga ikut melambung ke angka 7,56 persen menuju angka US$ 1,19 untuk setiap koinnya. Harga ini akan setara dengan RP 16.958 setiap koinnya dalam mata uang rupiah.

Sementara itu, jenis koin meme dogecoin melonjak ke angka 0,63 persen menuju level harga US$ 0,2563 setiap koinnya. Harga ini setara dengan RP 3.652 setiap koinnya dalam rupiah.

Jenis terakhir yang ikut meroket ialah polkadet menuju angka 14,56 persen menyentuh harga US$ 31,78 setiap koinnya. Harga ini setara dengan RP 452.865 untuk setiap koinnya.
Bitcoin berhasil diperdangkan pada level yang normal pada psikologisnya yaitu 46.000. Meskipun demikian, harga ini masih terkoreksi hingga 4 persen dalam perdagangan tujuh hari terakhir.

Hal ini dikarenakan bitcoin sudah mulai memasuki zona jenuh jual atau over sold. Keadaan ini dilihat langsung oleh para analis melalui analisa teknikal pada pergerakan perdagangan bitcoin.

Berbagai Faktor yang Menjadi Penyebab

Berbagai Faktor yang Menjadi Penyebab - korancrypto

Sementara itu, beberapa analis menyebutkan bahwa posisi para investor sedang dalam keadaan retracement sementara. Hal ini membuat para investor mengharapkan para pembelinya untuk masuk dalam perdagangan.

Tidak hanya itu, bank sentral Eropa yaitu European Central Bank/ECB menyebutkan akan adanya perlambatan laju pembelian obligasi. Pembelian ini selama ini ditujukan untuk membantu para pelaku usaha mengakses likuiditas.

Satu hal menarik yaitu koin Solana yang justru ambruk dibalik penguatan jenis lainnya. Padahal pada perdagangan sebelumnya secara tunggal Solana merangkak naik sendirian di tengah ambruknya koin kripto lainnya.

Pelesatan harga Solana yang cukup tinggi menjadi penyebab para investor beralih berinvestasi pada Solana. Selain itu, para investor cenderung mulai merealisasikan keuntungannya hingga membuat harganya terjatuh pada penutupan perdagangan.

- sponsor -