- sponsor -

Sebagian besar uang kripto mengalami penurunan harga yang sangat tajam dalam 2 pekan terakhir. Sentimen negatif yang terus muncul mengakibatkan harga Bitcoin anjlok dan beberapa uang kripto lain terus menurun.

Pasar kripto memang terus mengalami harga yang tidak pasti dalam beberapa waktu terakhir. Setelah pernah mengalami kenaikan tajam, akhirnya mulai anjlok. Bahkan, sekelas Bitcoin saja memiliki penurunan paling tajam.

Dari semua koin yang beredar, hampir semua berada pada zona merah. Hanya beberapa koin kripto saja yang mampu bertahan. Setidaknya Cardano menjadi koin dengan transaksi pasar lebih baik.

Bitcoin Anjlok Pekan Ini, Hanya Cardano yang Melejit
Bitcoin Anjlok

Bitcoin Anjlok Tajam

Dari 6 koin kripto yang memiliki kapitalisasi pasar paling besar, Bitcoin menerima dampak paling besar. Penurunan harganya menyentuh angka lebih 17,37% dan ada kemungkinan akan mengalami penurunan lanjutan.

Bitcoin harus rela meninggalkan level USD 50.000 untuk setiap koin. Saat ini level Bitcoin berada pada level USD 47.889 untuk setiap koin. Penurunan tersebut menjadi yang paling parah pekan ini.

Sentimen negatif yang terus menyerang koin kripto akan membuat Bitcoin terus anjlok. Apalagi, Bitcoin menjadi koin dengan nilai paling besar. Penurunan harga jelas akan berdampak pada pasar kripto global.

Bitcoin Anjlok Pekan Ini, Hanya Cardano yang Melejit
Elon musk banned bitcoin sebagai pembayaran unit tesla

Disebabkan Cuitan Bos Tesla

Elon Musk memang terkenal mampu menggerakan pasar kripto hanya dari cuitan di Twitter. Bahkan, anjloknya Bitcoin dan beberapa koin lain pada beberapa pekan terakhir juga disebabkan oleh cuitan miliknya.

Dalam cuitannya, dia mengatakan akan menghentikan transaksi menggunakan Bitcoin untuk sementara pada pembelian mobil Tesla. Bitcoin dianggap terlalu banyak menggunakan bahan bakar fosil dalam proses penambangannya.

Namun, jika mekanisme penambangan Bitcoin sudah memenuhi harapan ramah lingkungan maka Bitcoin akan digunakan kembali. Cuitan ini kemudian membuat banyak orang mulai memandang negatif Bitcoin dan beberapa koin lain.

Dugaan Pelanggaran pajak
Dugaan Pelanggaran pajak

Bitcoin Anjlok Karena Dugaan Pelanggaran Pajak

Selain cuitan dari Elon Musk, sentimen negatif Bitcoin juga terjadi karena adanya dugaan pelanggaran pajak oleh Binance Holding Ltd. Pasar cryptocurrency terbesar di dunia ini mendapatkan banyak tuduhan pelanggaran.

Dugaan tersebut muncul setelah beberapa pihak melayangkan kecurigaannya kepada Binance Holding Ltd. Salah satunya adalah Chainalysis yang menilai kebanyakan transaksi Binance dipakai untuk kepentingan kriminal.

Seperti yang sudah diketahui, beberapa pihak menduga bahwa tindakan kriminal memanfaatkan pasar uang digital untuk transaksi. Hal tersebut dikarenakan transaksi yang mudah dan tidak mendapatkan pengawasan hukum secara ketat.

Tidak hanya bitcoin tapi uang kripto lain juga menurun
Tidak hanya bitcoin tapi uang kripto lain juga menurun

Anjloknya Koin Kripto Lain

Selain Bitcoin, ada beberapa koin lain yang juga mengalami nasib sama. Bahkan Ethereum juga mengalami penurunan harga. Meskipun nilainya tidak terlalu parah seperti anjloknya nilai Bitcoin.

Meskipun tidak besar, tetapi Ethereum mengalami penurunan sebesar 3,19%. Sebelumnya Ethereum hampir menembus level USD 40.000/ETH. Namun, saat ini Ethereum hanya mampu berada pada level USD 3785/ETH.

Cardano dan Ripple yang Melejit
Cardano dan Ripple yang Melejit

Melejitnya Cardano dan Ripple

Meskipun sebagian besar berada dalam zona merah, namun 2 koin masih menunjukkan transaksi memuaskan. Dari 6 koin dengan kapitalisasi pasar terbesar, Cardano dan Ripple mampu memasuki zona hijau.

Cardano tercatat mengalami kenaikan sangat besar, sebesar 27,68%. Level Cardano sendiri sebelumnya hanya berada pada level USD 1,77/ADA. Saat ini Cardano mampu menyentul level USD 2,26/ADA.

Ripple juga mengalami kenaikan yang cukup baik, yaitu sebesar 3,26%. Pada perdagangan minggu lalu, Ripple berada pada level USD 1,53/XRP. Sedangkan saat ini Ripple menembus level USD 1,58/XRP.

Pasar kripto terus mengalami naik turun secara tidak pasti. Satu sentimen negatif saja mampu membuat harga anjlok tajam. Namun, ketika ada sentimen positif harganya akan langsung melambung tinggi.

- sponsor -