- sponsor -

Berkat Sumbangan Kripto, Negara Ukraina yang tengah mengalami perang dengan Rusia mendapatkan sumbangan dari banyak pihak. Yang menarik adalah sumbangan tersebut diberikan lewat mata uang Kripto sebagai dukungan terhadap negara yang diinvasi Rusia tersebut.

Banyak pihak memberikan sumbangan kepada negara Ukraina sebagai hadiah Paskah, untuk meringankan beban negara tersebut. Mata uang kripto dijadikan sebagai pilihan karena proses pencairannya lebih mudah, serta sudah bisa dimanfaatkan di semua negara.

Diketahui bahwa jumlah mata uang kripto yang diterima Ukraina sejak menjadi korban perang sudah mencapai jutaan Dolar. Mayoritas mata uang kripto yang diterima Ukraina sebagai sumbangan lebih banyak Ethereum, baru kemudian diikuti oleh Bitcoin dan Polkadot.

Financial Times menyebutkan bahwa mayoritas uang kripto yang didapatkan lewat sumbangan tersebut digunakan Ukraina untuk pembelian perlengkapan perang, seperti rompi anti peluru, helm, perlengkapan medis, dan juga jatah makanan.

Sebanyak setengah dari sumbangan tersebut sudah digunakan oleh pemerintah Ukraina untuk membeli kebutuhan perang. Sedangkan sisanya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Laporan Financial Times menjelaskan bahwa sumbangan kripto tersebut hanya digunakan untuk membeli perlengkapan perang yang tidak mematikan, agar tidak menghalangi donor di masa depan.

Menteri Ukraina Ungkap Terima Kasih Berkat Sumbangan Kripto

Koran crypto - Menteri Ukraina Ungkap Terima Kasih Berkat Sumbangan Kripto

Mykhailo Fodorov yang menjabat sebagai Menteri Transformasi Digital Ukraina merasa sangat berterima kasih atas sumbangan dalam bentuk mata uang kripto yang diberikan oleh banyak pihak. Fodorov mengungkapkan bahwa setiap sumbangan sebagai bentuk dukungan terhadap penguatan pertahanan Ukraina.

Lewat cuitan Twitternya, pejabat pemerintah Ukraina tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya serta mengungkapkan ke masa saja uang kripto tersebut disalurkan. Dalam cuitan tersebut, Fodorov juga menyebutkan bahwa sumbangan kripto digunakan untuk 200 set pelat balistrik kelas 4 untuk rompi anti peluru.

Fedorov juga menjelaskan bahwa kelengkapan peralatan yang dimiliki oleh prajurit Ukraina akan membuat negara tersebut semakin cepat mendapatkan kemenangan. Sebenarnya sumbangan dalam bentuk kripto kepada Ukraina sudah digalan sejak Februari 2022, tepat ketika negara tersebut mulai diinvasi oleh Rusia.

Pada Paskah tahun ini, Ukraina kembali mendapatkan sumbangan Kripto dari banyak pihak untuk digunakan negara tersebut terhadap berbagai kebutuhan. Ukraina dan Rusia sudah beberapa kali melakukan perundingan perdamainan, namun belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Dompet Resmi Pemerintah Ukraina Dibuat Khusus Untuk Menerima Sumbangan

Korancrypto - Dompet Resmi Pemerintah Ukraina Dibuat Khusus Untuk Menerima Sumbangan

Sejak harian kedua Invasi Rusia ke Ukraina, pemerintah Ukraina langsung membuat dompet resmi pemerintah yang tujuannya digunakan untuk menerima pembayaran atau transaksi lewat mata uang kripto. Fedorov sendiri yang langsung menyuruh wakilnya untuk menangani hal tersebut.

Sebanyak Sembilan mata uang kripto dijadikan sebagai sarana bantuan untuk negara tersebut, termasuk kripto yang paling populer, seperti Ethereum, Solana, Bitcoin, Tether, dagecoin, dan yang lainnya. Hingga saat ini diketahui bahwa jumlah sumbangan yang berhasil dikumpulkan sudah mencapai 100 juta USD, semuanya dalam bentuk sumbangan kripto.

Memang jumlah tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan bantuan IMF dan negara Barat lainnya yang mencapai miliaran USD. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa peran kripto juga sangat besar. Wail menteri transformasi digital Ukraina bahkan menyebutkan bahwa kripto sudah menjadi alat perang yang penting, karena kecepatan dan fleksibilitasnya.

Semakin banyaknya platform kripto yang muncul juga memudahkan penyaluran sumbangan tersebut. Michael Chobanian selaku pendiri pertukaran kripto Ukraina Kuna mengungkapkan bahwa proses pengumpulan sumbangan kripto masih terus dilakukan untuk membantu Ukraina.

Perang Rusia Ukraina memang sempat membuat mayoritas mata uang kripto mengalami penurunan harga, namun secara perlahan kepercayaan masyarakat terhadap kripto kembali meningkat.

- sponsor -