- sponsor -

Bappeti Dukung Kripto || Belum lama ini token Asix menjadi perdebatan karena pelarangan jual beli di Indonesia. Token milik pasangan selebriti Anang dan Ashanty tersebut sempat membuat heboh jagat dunia maya.

Bappeti sempat membuat unggahan ke twitter mengenai pelarangan perdagangan token kripto tersebut. Dengan unggahan tersebut sempat membuat harga jualnya turun hingga 50 persen.  Belakangan kemudian pemilik Asix menghadap ke Bappetti untuk meluruskan hal tersebut.

Bapetti lalu menjelaskan bahwa terjadi kesalahpahaman terhadap hal tersebut. Bappeti mengatakan bahwa token Asix dapat diperdagangkan resmi, namun pada perdagangan luar negeri tidak dalam negeri.

Semua token yang akan diperdagangkan di Indonesia harus melalui proses pendaftaran , penilaian dan pengesahan dari Bappeti. Ini dilakukan pihak Bappeti sebagai perlindungan bagi pelaku dan konsumen kripto.

Bappeti Dukung Kripto yang Ada di Indonesia

Korancrypto - Bappeti Dukung Kripto yang Ada di Indonesia

Perdagangan aset jenis kripto termuat dalam aturan dan dinaungi Bappeti. Meski belum mendapatkan izin sebagai alat tukar resmi, namun ini dapat dijadikan aset dalam investasi. Jadi, tidak masalah jika menggunakannya sebagai investasi aset digital.

Pada siaran pers beberapa hari lalu, Indrasari Wisnu Wardana yang merupakan plt Bappeti menyatakan dukungan dalam perdagangan token kripto dalam negeri. Bappetti mengatakan bahwa munculnya kripto tersebut adalah hal yang patut di dukung.

Beberapa tahun belakangan saja, sudah ada beberapa token kripto buatan orang Indonesia dan diperdagangkan di pasar global. Meski secara tertulis mendukung fenomena ini, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Di antaranya adalah semua token buatan anak bangsa harus terlebih dahulu melalui proses pendaftaran dan pengesahan. Pernyataan ini kemudian sejalan dengan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Samburaga.

Pernyatakan wakil Menteri tersebut mengatakan bahwa perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi Bappetti agar industri kripto tetap aman. Dengan itu, kemudian dikeluarkan peraturan mengenai syarat aset kripto dapat diperdagangkan.

Hingga saat ini, telah terdaftar 229 jenis token dalam Bappetti. Tidak hanya token Asix yang akan menambah jumlah, namun telah banyak produsen kripto dari Indonesia yang akan menambah list panjang kripto di Indonesia. Token kripto yang di bangun produsen Indonesia di dasarkan pada utilitas seni hingga pertanian.

Harga Aset Kripto Pagi Ini

Koran crypto - Harga Aset Kripto Pagi Ini

Dipantau pagi ini dalam situs coinmarketcap.com harga aset kripto hanya beberapa yang berhasil merangkak naik. Sehari sebelumnya kebanyakan koin mengalami penurunan drastis akibat konflik antara Ukraina – Rusia yang tidak kunjung usai.

Bitcoin masih berada di garis merah dengan 2,86 % pada posisi 37,232.24 dollar. Dengan penurunan tersebut dalam seminggu telah terjadi 12,76 %. Di posisi kedua yakni Etherum juga masih mengalami penurunan dalam seminggu yakni 11,46 % di harga 2,603.18 dollar.

BNB turun 4,78 % dalam 24 jam terakhir dengan harga 362.52 dollar. XRP 6,46 % pada posisi 0.7267 dollar. Disusul penurunan Cardano sebesar 5,34 5 harga 0.8885 dollar. Kemudian Solana ikut turun dengan 7,11 % di 85.18 dollar.

Jenis stable coin Theter justru mengalami kenaikan harga sebesar 0,01 % dengan harga 1.00 dollar. Kemudian ada Terra naik 4,22 % di posisi 51.43 dollar. Posisi 15, TerraUSD juga mengalami kenaikan sebesar 0,38 % harga 1.01 dollar.

Selanjutnya ada kenaikan dari LEO sebesar 1,86 % di harga 5.87 dollar. Namun, pada posisi 100 terbawah perdagangan ada oleh Rally dengan penurunan sebesar 5,21 % dengan harga 0.2334 dollar.

Dari data coinmarketcap, sebagian besar perdagangan berada pada garis merah hingga pagi ini. investor masih menghindari aset yang memiliki resiko tinggi dalam perdagangan global.

- sponsor -