- sponsor -

Langkah Bappebti perketat awasi kripto di Indonesia mendapat dukungan dari Aspakrindo. Teguh Kurniawan selaku ketua umum Aspakrindo memberi penilaian bahwa langkah strategi Bappebti dan asosiasi dapat menciptakan serta memperkuat industri.

Karena aset kripto sendiri mampu memberi manfaat besar serta potensi tersendiri. Sehingga perlu adanya kebijakan sesuai. “Bukan pengekangan, hanya mendorong inovasi.” Ungkap Teguh yang menjabat sebagai COO Tokocrypto juga.

Aset Kripto Buatan Anak Bangsa Semakin Berkembang dan Sisi Edukasi yang Diperlukan

Korancrypto - Aset Kripto Buatan Anak Bangsa Semakin Berkembang dan Sisi Edukasi yang Diperlukan

Semakin banyaknya kemunculan aset crypto dari anak bangsa, peran pembuat kebijakan semakin diperlukan. Termasuk langkah Bappebti perketat awasi kripto, pastinya menjadi hal yang didukung Aspakrindo.

Banyaknya aset crypto buatan Indonesia ini menurut Teguh sendiri merupakan bukti, bahwa sudah ada pergerakan inovasi. Khususnya dari developer lokal dalam bentuk pemanfaatan blockchain.

Saat ini market pasaran kripto Indonesia sudah tercatat melebihi 11 juta investor. Belum lagi volume trading harian tercatat sampai kisaran rata-rata Rp2,35 triliun setiap harinya.

Maka pertumbuhan akan positif pada tahun 2022, khususnya dari transaksi maupun jumlah investornya. Teguh yang kerap disapa Manda tersebut juga menyebutkan bahwa proyek lokal dari crypto terbilang menarik.

Manda menyebutkan kalau developer saat ini sudah ada implementasi pasti. Termasuk juga roadmap serta utilitasnya. Sehingga investor banyak tertarik, ekonomi digital meningkat, hingga industri lebih sehat dalam kompetisinya.

Namun menurut manda, tidak hanya teknologi dan inovasi. Hal edukasi juga menjadi sisi yang penting dikembangkan. Mengingat banyak masyarakat belum paham bagaimana memanfaatkan teknologi blockchain tersebut.

Sehingga pemerintah maupun pemangku kepentingan, perlu mengedukasi masyarakat mengenai investasi kripto ini. Termasuk jangan mudah percaya kepada tawaran investasi, sehingga mampu membuat industri yang sehat.

Contoh literasi yang perlu ditingkatkan adalah tentang aset kripto yang selain berpeluang, juga punya risiko tinggi. Menjadikannya perlu mengambil keputusan untuk menjual dan membeli aset dengan pertimbangan matang.

Menurut Nanda, masyarakat perlu memastikan jenis cryptocurrency yang hendak dibeli. Sebelum membeli, Manda menyebutkan wajib memastikan apakah aset tersebut sudah legal sesuai ketentuan Bappebti atau belum.

Langkah Bappebti Perketat Awasi Kripto, Masyarakat Jadi Punya Kepastian Hukum

Koran Crypto - Langkah Bappebti Perketat Awasi Kripto, Masyarakat Jadi Punya Kepastian Hukum

Bappebti Kementerian perdagangan kini mengambil langkah untuk lebih memperketat pengawasan di perdagangan kripto. Salah satu alasannya adalah supaya masyarakat jadi punya kepastian hukum mengenai investasi ini.

Sehingga masyarakat yang kebanyakan masih belum paham, juga mendapatkan informasi legal dan jelas. Khususnya mana aset yang legal dan sudah resmi terdaftar pada badan resmi pemerintahan.

Indrasari Wisnu Wardhana, kepala Bappebti, sebelumnya sudah menegaskan bahwa semua produk aset cryptocurrency harus sudah terdaftar di Bappebti. Kalau tidak memenuhi aturan, maka tidak resmi diperdagangkan.

Wisnu dalam keterangan tertulis menyebutkan, “Aset kripto baru harus didaftarkan dahulu ke Bappebti sebelum diperdagangkan.” Penilaian sendiri nantinya akan dilakukan sesuai analisis yang sudah ditetapkan secara resmi.

Salah satunya memakai analisis yang punya kriteria penilaian. Sehingga mampu menetapkan mana calon aset yang boleh dan tidak boleh diperdagangkan. Syarat tersebut sendiri sudah tertuang dalam salah satu aturan Bappebti.

Tepatnya tertuang dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021. Terdapat juga aturan mengenai cryptocurrency yang boleh diperdagangkan di Indonesia. Yaitu tertuang dalam Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020.

Tentunya Wisnu mengharapkan masyarakat berinvestasi di jenis aset maupun cryptocurrency legal. “Diharapkan masyarakat melakukan investasi sesuai ketentuan, baik pada aset kripto maupun koin.” Ungkapnya.

Karena kepopulerannya, tentunya banyak aset yang memang belum legal atau resmi diperdagangkan di dalam negeri. Menjadikan diambil langkah pasti yaitu Bappebti perketat awasi kripto di Indonesia.

 

- sponsor -