- sponsor -

Bank of Amerika atau BoA menyebutkan bahwa aset kripto Solana merupakan yang terhebat dan lebih efisien jika dibandingkan dengan jenis Ethereum. Hal ini disampaikan oleh Bank of Amerika ketika pasar cryptocurrency sudah mulai menguat kembali.

Alkesh Shah, selaku pakar strategi aset digital mengungkapkan bahwa SOL atau Solana bisa berguna sebagai visa di ekosistem aset digital. Sejak bulan Desember harga aset kripto termasuk Bitcoin berada di angka rendah.

Bahkan nilainya hilang hingga mencapai angka US$ 300 miliar. Sedangkan pekan ini, sudah meningkat hingga 3,3 persen untuk Bitcoin. Untuk Ethereum sebesar 5,3 persen, Cardano 16,2 persen, Binance Coin sejumlah 9,5 persen dan Solana 10,6 persen.

Aset Kripto Solana Lebih Efisien Jika Dibandingkan dengan Ethereum

Koran Crypto - Aset Kripto Solana Lebih Efisien Jika Dibandingkan dengan Ethereum

Alkesh Shah mengatakan aset Solana atau SOL dapat menyediakan lalu lintas yang tinggi. Selain itu kemudahan fungsi serta biayanya yang rendah menjadi daya tarik tersendiri. Inilah yang membuat jenis aset satu ini teroptimasi untuk kebutuhan para konsumen.

Kebutuhan yang dimaksud seperti gaming, DeFi, pembayaran mikro, NFT serta web3. Proyek desentralistrik yang terdapat di Blockchain kripto SOL jumlahnya mencapai hingga lebih dari 400. Kelebihan lainnya yaitu kecepatan transaksi yang dimiliki tinggi.

Alkesh Shah mengungkapkan bahwa inovasi yang ada memungkinkan proses hingga mencapai 65.000 transaksi setiap detiknya. Sedangkan biaya transaksinya sejumlah US$0,00025. Berbeda dengan Ethereum yang hanya 15 transaksi setiap detiknya.

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki, aset kripto Solana juga mempunyai kelemahan. Aset ini memprioritaskan skalabilitas, namun Blockchainnya kurang desentralistik dan rawan terkena serangan keamanan.

Situasi ini terlihat ketika ada isu performa jaringan sesudah kripto Solana muncul. Shah menambahkan kripto Ethereum memprioritaskan keamanan serta desentralisasi, namun mengorbankan skalabilitas.

Hal ini menyebabkan timbulnya kemacetan dalam jaringan. Selain itu, biaya transaksinya lebih besar dibandingkan aset yang ingin diperdagangkan. Tidak heran jika Solana dan Ethereum seringkali menjadi perbandingan.

Sebab, keduanya didukung oleh smart contract. Sekarang ini Solana atau SOL yang lahir pada bulan Maret tahun 2020 merupakan jenis aset kripto nomor lima terbesar. Aset ini sudah memproses transaksi hingga nilai lebih dari US$ 50 serta mencetak NFT sebesar 5,7 juta.

Solana Menarik Perhatian Para Investor dalam Waktu Satu Tahun Terakhir

Koran Crypto - Solana Menarik Perhatian Para Investor dalam Waktu Satu Tahun Terakhir

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Solana menarik perhatian para investor. Pasalnya nilainya meningkat hingga mencapai lebih dari 4.000 persen. Meskipun demikian, nilai jualnya masih cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan Ethereum.

Solana mempunyai kapitalisasi pasar yang mencapai hingga US$ 47 miliar. Angka ini merupakan sepersepuluh dari ukuran Ethereum. Perbedaan nilai ini menurut analisis Bank of Amerika merupakan sebuah pertanda baik.

Potensi dari SOL ini tidak bisa sepenuhnya dilihat dari harga. Jadi, masih bisa tumbuh dan mengambil pangsa pasar jenis kripto lainnya, termasuk Ethereum. Hal penting yang perlu Anda pahami adalah Solana sama seperti kripto jenis lainnya yaitu berisiko.

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia cryptocurrency apapun jenisnya, berarti harus siap dengan risikonya yaitu mengalami kerugian. Mengingat grafik angka kripto sangat fluktuatif, mudah mengalami kenaikan dan penurunan.

Tidak dapat dipastikan kapan momen akan mengalami kenaikan dan penurunan. Jadi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu kripto SOL sebelum membelinya. Pelajari sistem, cara kerja dan prospek ke depannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kerugian.

Gunakan uang yang memang tidak untuk kebutuhan penting. Sebab, tidak ada jaminan Anda akan mendapatkan keuntungan besar ke depannya. Membeli aset kripto Solana ketika harganya murah juga akan lebih menguntungkan dibandingkan ketika nilainya sedang tinggi.

- sponsor -