- sponsor -

Semakin berkembangnya transaksi perdagangan yang melibatkan Aset Crypto sebagai utamanya, dinilai oleh perusahaan perdagangan mata uang digital tersebut bisa memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Selain semakin banyak masyarakat yang mulai melek soal uang kripto dan teknologi blockchain, beberapa di antara mereka juga telah aktif dan menjadi anggota dari lembaga yang memperdagangkan mata uang digital.

Aset Crypto Bisa Memacu Pertumbuhan Ekonomi | Koran Cyrpto

Aset Crypto Bisa Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Indodax adalah satu dari sekian perusahaan perdagangan aset kripto yang optimis, bahwa mata uang digital tersebut bisa memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya anggota yang bergabung.

Menurut CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, perusahaan yang dipimpinnya berhasil menarik hampir empat juta anggota terdaftar di platform perdagangan miliknya. Terlebih, teknologi blockchain belakangan ini semakin banyak dikenal oleh masyarakat.

Darmawan juga mengungkapkan, perkembangan tersebut diharapkan bisa memberi kontribusi positif yang memacu pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Di mana masyarakat bisa memperoleh pendapatan lewat perdagangan aset kripto secara legal.

Meski relatif baru, teknologi blockchain yang menjadi tulang punggung aset kripto pada saat ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Tidak perlu latar belakang pendidikan khusus untuk berinvestasi di sektor tersebut.

Bahkan, Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) merekomendasikan mata uang digital tersebut sebagai alternatif investasi. Nilainya dianggap terus naik seiring dengan perkembangan pangsa pasarnya di seluruh dunia.

Dianggap Sebagai Alternatif Investasi Terbaik | Korancypto.com

Dianggap Sebagai Alternatif Investasi Terbaik

Aset kripto sejatinya telah digunakan sebagai salah satu bentuk investasi ketika bitcoin muncul pertama kali sebagai mata uang digital. Hanya saja, penggunanya kala itu masih terbatas karena khawatir soal penipuan.

Seiring dengan semakin banyaknya pilihan aset kripto, calon investor mata uang digital tersebut bisa memilih produk yang dianggap bisa menjadi alat investasi. Pemilihannya dilihat berdasarkan performanya saat diperdagangkan di pasar.

Menurut Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), mata uang digital tersebut bisa menjadi alternatif investasi yang sangat menguntungkan di masa-masa mendatang. Terutama karena potensinya untuk berkembang sangat besar.

Potensi tersebut bisa dilihat dari dua hal. Pertama adalah pertumbuhannya dari segi ekonomi jika mengacu pada data dari Dintech News Singapore 2020, pangsa pasar aset kripto berada di urutan ketiga.

Urutan selanjutnya ditempati oleh penyedia jasa peer-to-peer landing, dan diikuti oleh perusahaan pembayaran sebesar 20 persen. Hal kedua adalah fleksibilitas aset kripto yang bisa dijual tanpa terikat ruang dan waktu.

Transaksi Aset Crypto RI Mencapai Rp370 Triliun | KoranCrypto

Transaksi Aset Crypto RI Mencapai Rp370 Triliun

Aset kripto tidak hanya menarik sebagai salah satu bentuk alternatif investasi, tapi juga diperdagangkan berdasarkan nilai yang berlaku di pasaran. Pertumbuhannya bahkan telah menembus angka Rp370 triliun.

Menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, angkat Rp370 triliun itu berasal dari nilai transaksi hingga bulan Mei 2021. Trend pertumbuhan aset kripto bisa dilihat karena mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Tahun 2020, nilai transaksi di masyarakat mencapai Rp65 triliun dengan jumlah 4 juta orang pengguna. Selanjutnya pada Mei 2021, naik menjadi 6,5 juta orang dengan nilai transaksi sebesar Rp370 triliun.

Menurut Lutfi, Indonesia berpeluang menjadi bangsa yang bisa lebih dahulu menikmati keleluasaan transaksi dan menguasai aset kripto. Semua hal tersebut bisa dicapai dengan adanya kerjasama secara transparan antara pihak-pihak terkait.

Tidak menutup kemungkinan aset kripto bisa menjadi lahan pendapatan baru bagi masyarakat Indonesia secara umum. Baik untuk diperdagangkan kembali di pasar maupun disimpan sebagai salah satu alternatif investasi yang menguntungkan.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang melek soal teknologi blockchain dan aset kripto, potensi untuk memacu perekonomian Indonesia bisa diraih dengan mudah. Terutama jika supply dan demand-nya di pasar semakin meningkat.

- sponsor -