- sponsor -

Beberapa waktu ini, perdagangan dihebohkan dengan pemberitaan bahwa salah satu perusahaan terbesar di dunia, Apple akan membeli Bitcoin. Bahkan, Apple sendiri akan melayani pembayaran mata uang digital ini. Namun, apakah pemberitaan ini fakta?

Sebagai perusahaan teknologi, Apple berusaha untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Bitcoin juga merupakan satu hal yang sedang sangat naik daun. Sehingga banyak rumor yang menyatakan bahwa keduanya harus digabung dan menjadi suatu kolaborasi.

Pemberitaan ini dimulai dari tweet Joshuwa Roomsberg yang merupakan CEO Chainleak yang menyatakan bahwa ia siap membeli iPhone baru jika rumor ini nyata terjadi. Pemberitaan ini kemudian cepat menyebar dan menjadi suatu hal yang banyak dibicarakan saat ini.

Di lain sisi, ada juga yang menganggap ini hanya merupakan rumor belaka. Yang mana ada yang ingin menaikkan harga Bitcoin sehingga menggunakan berita seperti itu. Hingga sekarang, masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Apple.

Apakah Benar Apple akan Membeli Bitcoin Seharga 2,5 Miliar USD?

Satu hal yang banyak menjadi perbincangan di Twitter dan media sosial lain adalah rumor bahwa Apple akan segera mengumumkan pembelian Bitcoin seharga 2,5 Miliar dolar AS. Joshuwa Roomsberg dan Galaxy Trading yang menjadi aktor rumor ini.

Setelah pemberitaan dari kedua aktor tersebut, analisis dan pedagang kripto kemudian menjadi terkejut. Bagaimana tidak, kedua perusahaan ini jika melakukan kolaborasi akan menjadi sebuah mimpi buruk bagi perusahaan dan mata uang digital lain.

Namun, pemberitaan ini tidak sepenuhnya benar. CEO OnChain Capital Ran Neuner menyatakan bahwa probabilitas kolaborasi ini adalah negatif. Bukan hanya Neuner, Alexander Ross juga menyatakan bahwa Apple tidak melakukan hal yang kontroversial.

Ross yang merupakan Insinyur DevOps menyambung bahwa pemberitaan ini tidak sesuai dengan etos merek Bitcoin. Dapat disimpulkan bahwa berita seperti itu hanya akan membuat suatu hal yang membahagiakan tetapi ia tidak percaya itu akan terjadi.

Namun hingga pemberitaan ini dibuat, masih belum ada kabar lanjutan mengenai hal ini. Bitcoin maupun Apple masih sama-sama bungkam sehingga banyak yang berspekulasi ini hanya sekedar rumor yang disebarkan agar harga Bitcoin bisa melonjak naik.

 

Bagaimana Rumor ini Bisa Beredar?

Rumor bahwa Apple akan membeli Bitcoin mungkin dipopulerkan oleh Joshuwa Roomsberg dan Galaxy Trading. Namun, informasi kedua aktor ini tentunya didapatkan dari sumber lain sehingga mereka hanya menjadi penyebar.

Berita ini kemudian hanya menjadi rumor dan probabilitas akan terjadi semakin hancur adalah ketika kita melihat asal muasalnya. Sebenarnya berita ini merupakan lelucon yang dibuat oleh seorang influencer mata uang crypto Altcoin Gordon.

Pada hari Sabtu kemarin, Gordon bercanda dalam tweetnya bahwa Apple akan mengumumkan pembelian Bitcoin seharga 2,5 miliar dolar AS pada hari Selasa. Tweet ini tidak menyampaikan arti apa-apa dan pada dasarnya merupakan pesan sarkasme.

Namun karena ia merupakan seorang influencer, banyak yang mempercayainya dan kemudian menganggap serius dengan menyebarkan berita ini, termasuk Joshuwa dan Galaxy Trading.

Gordon sendiri merupakan seseorang yang sering menjadi sumber gosip. Sehingga jika melihat tweet darinya, sudah banyak yang tidak mempercayainya. Tetapi tetap saja, peran dia sebagai influencer membuat sebagian orang tertipu.

Dengan ini semua, kita dapat pastikan bahwa Apple belum saatnya menyusul perusahaan Tesla untuk menyimpan dan membeli Bitcoin. Mungkin akan terjadi di masa depan, tetapi untuk sekarang, pemberitaan ini bertentangan dengan brand Apple maupun Bitcoin.

Pasar perdagangan kripto menjadi panas setelah ada berita populer yang kemudian disebarkan di banyak media tentang Apple yang akan membeli Bitcoin. Namun setelah diteliti lebih dalam, penyebar rumor merupakan seorang pecinta gosip sehingga kurang dipercaya.

- sponsor -