- sponsor -

Penjelesan tentang apa Itu NFT? Non Fungible Token, mulai dikenal luas pada tahun 2017 silam, dimana game Crypto Kitties diluncurkan. Saat itu, pengguna dapat bermain game menggunakan teknologi blockchain milik Ethereum (ETH).

Game Crypto Kitties memungkinkan para pengguna untuk memelihara, mengadopsi, hingga melakukan jual atau beli peliharaan virtual. Mirip seperti game lain, hanya saja menggunakan alat tukar digital sungguhan.

Non Fungible Token merupakan sebuah jenis aset digital untuk mewakili barang-barang berharga, biasanya menggunakan alat tukar khusus. Kegiatan transaksi akan seara otomatis tercatat dalam blockchain.

Dalam database blockchain, akan ditemui nformasi mengenai pencipta, riwayat kepemilikan, sampai harga aset. Biasanya transaksi aset ini menggunakan mata uang digital khusus yaitu ETH atau Ethereum.

Apa Itu NFT? dan Cara Memproduksi dan Menjual NFT

Koran Crypto - Apa Itu NFT? dan Cara Memproduksi dan Menjual NFT

Sesudah mengenali sekilas informasi menengai NFT, ketahui juga cara memperdagangkan (jual beli) aset ini. Untuk bisa melakukan jual beli aset, seseoran harus sudah punya mata uang digital tertentu, begini caranya.

Memilih dan Membuat Pasar

Cara paling awal yaitu memilih jenis pasar paling cocok untuk Anda, disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Ada banyak sekali jenis pasar dengan spesialisasi kekayaan digital tertentu.

Pasar terbesar saat ini adalah Open Sea, mungkin bisa jadi pertimbangan ketika ingin jual beli aset digital. Apabila sudah menentukan, maka tinggal menghubungkan dengan e-wallet crypto Anda.

Unggah dokumen digital menggunakan opsi yang tersedia, setiap market mempunyai proses berbeda-beda, namun tidak terlalu jauh perbedaannya. Anda juga dapat menetapkan jumlah royalti selama pencetakan.

Menginput NFT yang Hendak Diperjualbelikan

Jika sudah mencetak, kemudian pemilik kekayaan akan diberikan opsi untuk mendaftarkan untuk dijual. Apabila Anda dapat mentransfer serta menjual di pasar lain, terdapat biaya tambahan.

Klik tombol jual, kemudian ikuti saja petunjuk lainnya, petunjuk bisa berbeda sesuai dengan jenis market. Berikan informasi tambahan seperti batas waktu lelang, jenis mata uang kripto, serta harganya.

Market juga akan melakukan penghitungan gas fee, yaitu biaya jaringan blockchain untuk proses pencatatan transaksi. Biasanya juga akan ditampilkan biaya penanganan, jumlahnya bervariasi, tergantung tingkat kesibukan server.

Mengelola dan Mempromosikan

Apabila sudah selesai melengkapi semua informasi pendaftaran sebelum dijual, aset digital tersebut akan bisa dibeli oleh orang lain. Seorang pemilik aset juga harus melakukan promosi melalui medsos atau web.

Ubah deskripsi atau informasi tentang aset tersebut, namun setiap perubahan akan dikenai biaya tambahan. Apabila sudah dbayar, maka tidak ada sistem refund atau pengembalian dana.

Mempunyai Perbedaan Tersendiri Dibandingkan Crypto

Koran crypto - Mempunyai Perbedaan Tersendiri Dibandingkan Crypto

Non Fungible Token dengan crypto tidak bisa disamakan, masing-masing aset NFT mempunyai tanda tangan atau signature khas. Itulah yang membuat aset ini tidak dapat ditukar, diganti, atau disetarakan dengan sesama jenisnya.

Meskipun pada dasarnya berkembang dari teknologi blockchain dan cryptocurrency, namun tujuan, cara penggunaan, sampai bentuknya sama sekali berbeda. Mata uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum mempunyai nilai sama.

Seperti menukar selembar uang 100 ribu dengan 2 lembar 50 ribu, keduanya sama-sama bisa diperjual belikan dengan nilai baku. Nilai ini yang menjadikan koin seperti Ethereum dijadikan sebagai alat transaksi.

Sedangkan NFT bersifat adalah kepemilikan mutlak, siapapun yang membayar untuk itu mempunyai hak secara penuh. Aset ini tidak dapat dibagi menjadi nilai lebih kecil, terdapat data unik untuk proses verifikasi.

Saat ini di media sosial terutama Twitter, banyak orang mula menjual dan mempromosikan aset digital masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa potensi perkembangan NFT di Indonesia masih bisa meluas.

- sponsor -