- sponsor -

Kabar tentang Ancam an Keberadaan Bitcoin Cs akibat kehadiran Xi Jinping dan China. Hal tersebut terang-terangan disampaikan oleh pemimpin dari Negara tersebut.

Presiden dari El Salvador, yaitu Nayib Bukele telah mengesahkan pembayaran menggunakan cryptocurrency saat ini.

Akan tetapi, hal berbalik dilakukan oleh presiden China yaitu Xi Jinping. Xi Jinping akan segera menghentikan aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan kripto di dalam negara yang dipimpinnya.

Bahkan, dalam upaya tersebut ia melakukan berbagai upaya untuk pemberhentian penggunaan kripto. Tentunya hal ini akan membahayakan keberadaan Bitcoin Cs pada penggunaannya di China dalam beberapa waktu ini.

Ancam Keberadaan Bitcoin Cs Dengan Melarang Transaksi Kripto di Negaranya

Korancrypto - Ancam Keberadaan Bitcoin Cs Dengan Melarang Transaksi Kripto di Negaranya

Beberapa cara dilakukan Xi Jinping untuk menghentikan transaksi kripto di negaranya. Menurut laporan dari “South China Morning Post,” ia mulai membekukan beberapa kantor berita tentang uang kripto.

Hal ini mulai dari pembekuan beberapa kantor berita yang berfokus pada pemberitaan seputar Bitcoin juga Ethereum. Salah satunya adalah ChainNews yang menangguhkan layanan selama 10 jam terakhir.

Alasan utamanya karena ingin meningkatkan pemeliharaan terhadap situs tersebut. Akan tetapi, dalam beberapa hari kemudian situs tersebut belum aktif di dalam maupun di luar China.

Hal serupa juga dirasakan oleh situs Odaily yang memberikan informasi seputar token dan cryptocurrency. Dilaporkan bahwa situs tersebut telah offline dalam beberapa hari terakhir perdagangan.

Upaya lainnya adalah dilakukan sejak bulan Juni lalu yang dimana akses sejumlah akun tentang cryptocurrency diblokir. Pemerintah China juga menandai akun tersebut sebagai melanggar hukum dan beberapa aturan.

Sebelum adanya pembekuan beberapa situr, Xi Jinping juga melarang lembaga keuangan dan fintech. Kedua lembaga tersebut dilarang untuk memfasilitasi transaksi cryptocurrency dalam bentuk apapun sejak Mei lalu.

Tindakan lain yang dilakukan adalah Bank Sentral China juga mengancam akan memberikan sanksi tegas bagi platform penukaran kripto. Dilarang untuk memfasilitasi transaksi warga China karena disebut kegiatan ilegal.

Menurut pemerintah, aktivitas jual beli kripto bisa mengancam rencana pemerintah dalam mengurangi emisi karbon. Selain itu, juga dianggap memiliki risiko keuangan besar dan warga menghindari kontrol dari pemerintah.

Selain itu, juga diberlakukan pembatasan mata uang terdesentralisasi seperti Bitcoin juga muncul saat diluncurkan versi yuan digital. Hal ini memungkinkan bank sentral China melakukan kontrol lebih besar.

Mematikan Aktivitas Penambangan Kripto

Koran Crypto - Mematikan Aktivitas Penambangan Kripto

Bukan hanya kedua hal tersebut yang dilakukan pemerintah China. Xi Jinping juga mengambil tindakan tegas dengan mematikan seluruh kegiatan penambangan Bitcoin dan jenis koin kripto lainnya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara dari National Development and Reform Commission (NDRC) bernama Meng Wei. Bahkan tindakan yang dilakukan pihaknya bukan perkara kecil lagi.

Meng juga mengatakan bahwa pihak mereka akan menindak keras dalam skala penuh. Khususnya pada penambangan cryptocurrency yang difokuskan pada penambangan komersial serta peran perusahaan milik negara.

Meng juga menyebutkan bahwa kegiatan penambangan mata uang kripto membutuhkan banyak energi dan menghasilkan emisi karbon. Kegiatan ini bisa mengancam rencana China dalam mengurangi polusi seperti emisi karbon.

Ia juga menyebutkan bahwa dengan adanya produksi serta kegiatan perdagangan kripto memiliki risiko yang lumayan besar. Menurut yang disampaikannya pada CNN International industri kritpo buta dan tidak teratur.

Karena hal itulah pihak NDRC akan melakukan tindakan tegas untuk mengurangi praktik ini. Salah satunya adalah dengan menaikkan tarif listrik bagi institusi yang menyalahgunakan akses listrik bersubsidi.

Khususnya bagi mereka yang ikut berperan dalam proses penambangan kripto. Perlu diketahui China memberikan subsidi biaya listrik pada sekolah dan pusat komunitas termasuk lembaga kesejahteraan masyarakat sejenisnya.

- sponsor -