- sponsor -

Ide metaverse untuk membuat dunia Augmented Reality / Virtual Reality menarik perhatian perusahaan pakaian seperti Adidas dan Nike untuk bergabung. Yang juga membuat Adidas dan Nike Sukses Luncurkan NFT mereka.

Perusahaan Adidas meluncurkan NFT Into the Metaverse pada hari Jumat 17 Desember 2021. Pembeli NFT akan memiliki akses ke klub penggemar produk adidas yang sangat eksklusif. Satu NFT dihargai 0,2 Ethereum atau setara dengan Rp.10 juta saat ini. Jumah NFT yang terjual adalah 29.620 NFT dalam waktu satu sore dan berhasil mendapatkan uang USD 22 juta atau Rp. 316 milliar.

NFT kependekan dari Non Fungible Token, adalah teknologi kripto yang menyatakan kepemilikan sebuah foto, video atau karya virtual lainnya dan berfungsi seperti sertfikat digital. Sebuah karya seni bisa dipastikan keasliannya walaupun banyak beredar duplikatnya di internet.

Asset dengan NFT kemudian tercatat pada buku besar digital semacam blockchain yang mendukung asset kripto seperti Bitcoin, Ethereum dll. Saat NFT sudah dienkripsi di blockchain maka karya tidak dapat diduplikasi.

Contohnya adalah cuitan pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang dijual sebagai NFT dapat mencapai harga US$ 2,5 juta atau setara dengan Rp. 35 milliar. NFT tersebut akan memiliki nomor kode dan metadata yang tidak bisa direplikasi. Kode unik juga dapat melacak pemilik awal, penerbit token dan pemilik akhir barang yang dikoleksi.

Sehingga orang yang memiliki NFT sama seperti memiliki asset berharga di dunia maya seperti asset di dunia nyata. Karya yang dijadikan NFT bisa disimpan dan dilihat banyak orang namun hanya dimiliki sertifikat aslinya oleh satu orang yang tersimpan di blockchain.

Keunggulan NFT Adidas Yang Sukses Di Luncurkan NFT Untuk Pembeli Dapatkan

Koran Crypto - Keunggulan NFT Adidas Yang Sukses Di Luncurkan NFT Untuk Pembeli Dapatkan

Adidas bermitra dengan Bored Ape Yacht Club, GMoney dan Punks Comics dalam membuat NFT. Pembeli NFT memiliki akses pada barang tertentu seperti hoodie dengan alamat blockchain di atasnya serta pengalaman digital yang menakjubkan. Seperti akan mendapat akses pada game berbasis blockchain The Sandbox dan lain – lain.

The Sandbox adalah game yang disenangi investor crypto untuk meraup untung. Selain itu pemilik NFT adidas dapat mengakses pakaian virtual untuk avatar yang digunakan pada game Sandbox. Dan semua asset digital diamankan menggunagan Coinbase.

Pembeli yang memiliki token adidas, token GMoney, NFT Pixel Vault dan NFT Bored Ape Yacht Club dapat memiliki NFT adidas terlebih dahulu dari 20.000 NFT yang disediakan oleh perusahaan.

Pemilik NFT dapat menukar lencana NFT POAP (Proof of Attendance Protocol) untuk memperingati perjalanan ke dunia virtual atau metaverse. Tujuan NFT adidas adalah membuat pembeli menjadi bagian dalam komunitas dan merasakan nilai yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Metaverse adalah teknologi yang dibangun agar orang – orang dapat berkumpul dan berkomunikasi dalam dunia virtual. Salah satu yang dikembangkan adalah konser tiga dimensi, sehingga Anda merasa benar – benar hadir di konser tersebut walaupun melihat dari rumah.

Persaingan NFT dari Kompetitor Nike

Korancrypto - Persaingan NFT dari Kompetitor Nike

Langkah adidas masuk ke metaverse mendaatkan persaingan dari Nike. Perusahaan ini telah mengakuisisi produsen sepatu virtual bernama RTFKT yang menjual NFT. Akuisisi dimaksudkan untuk mempercepat perubahan digital perusahaan Nike.

Perusahaan RTFKT yang berdiri tahun lalu telah menjual 600 pasang sepatu secara fisik dengan jumlah pendapatan $ 3,1 juta atau setara dengan Rp. 44,5 milliar. Perusahaan ini juga mempromosikan NFT untuk masing – masing pasang sepatu yang dijual.

Selain itu Nike juga membuat Nikeland, sebuah ruang pamer di platform game Roblox sehingga pengunjung bisa mendandani avatar menggunakan pakaian Nike.

- sponsor -