- sponsor -

Korancrypto.com – Selama ini 55% Bitcoin di dunia dikendalikan whale, semua harga naik dan turun diatur oleh mereka.

Dilansir dari Thenextweb.com, 55% dari seluruh pasokan Bitcoin dunia dikendalikan para “bandar” atau “ikan paus” kripto (cryptocurrency whales), dan 42 persennya tidak terjual selama puncak crypto-mania.

Lembaga riset Blockchain Diar mendapatkan data menarik yang menunjukkan kurang dari 1 persen dari semua dompet (wallet addresses) mengendalikan US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.485 triliun dalam Bitcoin. Fakta juga menunjukkan lebih dari setengah pasokan Bitcoin yang beredar dikendalikan oleh dompet dengan saldo melebihi 200 BTC (US$ 1,25 juta atau sekitar Rp 18 miliar).

Data lain lagi menunjukkan sepertiga dari semua Bitcoin yang dipegang oleh “ikan paus” kripto tidak pernah digunakan untuk transaksi keluar. Itu berarti para “ikan paus” tidak pernah memindahkan Bitcoin keluar dari dompet setelah mereka menerimanya. Diar mencatat bahwa beberapa di antara Bitcoin dalam dompet “ikan paus” itu bisa menjadi cadangan bursa mata uang kripto.

Baca juga : Perusahaan Crypto Kesulitan Buka Akun Bank

Bagaimanapun juga, data Diar ini sungguh mengesankan, mengingat harga BTC berfluktuasi secara dramatis, terutama sekali pada saat harga BTC melewati US$ 20.000 pada Januari 2018.

Bagaimana pendapat anda bahwa selama ini 55% Bitcoin di dunia dikendalikan whale ?

- sponsor -