- sponsor -

Korancrypto.com – Kabar buruk kembali hadir, kali ini datang dari Ripple. Sebanyak 210.000 XRP lenyap dari XRP Ledger.

Dompet crypto buatan GateHub berhasil diretas oleh hacker, XRP senilai Rp. 143 Milliar hilang mulai dari tanggal 01 sampai 05 Juni 2019 lalu. Info ini disampaikan langsung oleh pihak Gatehub melalui situs resminya.

“Kami telah mengumumkan peretasan ini kepada pelanggan dan komunitas kami. Hingga saat ini sekitar 100 akun telah diretas pada dompet crypto XRP Ledger,” dikutip dari pengumuman resmi GateHub.

Namun, detail peretasan tidak dijelaskan secera terperinci oleh pihak GateHub. Peristiwa peretasan ini juga tidak diketahui oleh pihak GateHub sampai diberitahu oleh Thomas Silkjær.

“Setelah saya mengkaji lebih dalam, ternyata celah keamanan berasal dari Gatehub.net, yang mengakibatkan 210 ribu XRP lenyap pada 1 Juni. Kemudian pada 5 Juni ada XRP lain dicuri, mencapai 23,2 juta XRP (sekitar US$9,5 juta) dari 80-90 korban. Oleh peretas, sekitar 13,1 juta XRP (US$5,37 juta) telah dialihkan ke sejumlah bursa kripto dan layanan kripto lainnya.

“Kami masih menyelidiki lebih lanjut penyebab peretasan ini. Tetapi, diketahui bahwa penggunaan application programming interface (API) dari Gatehub terhadap akun-akun korban adalah sah. Tidak ada login yang mencurigakan, bahkan tidak ada akses yang dilakukan secara paksa melalui cara brute force attack. Penggunaan API berasal dari sejumlah kecil alamat IP yang digunakan untuk mengakses private key yang terenkripsi,” jelas GateHub.

Baca Juga : Dogecoin US$ 1 Tahun 2019

 

- sponsor -